SOLOPOS.COM - Polisi memberikan surat tilang kepada pengendara truk yang viral karena menerabas portal Underpass Makamhaji, di Pos Tugu Kartasura, Sukoharjo, Rabu (13/4/2022). (Solopos-Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO – Polisi berhasil melacak keberadaan truk tak dikenal yang nekat menerabas portal di Underpass Makamhaji di Kartasura, Sukoharjo, pada Selasa (12/4/2022) lalu. Aksi sopir truk tersebut yang terekam kamera tengah naik ke bak truk dan berupaya agar truknya dapat melintasi portal diunggah di media sosial dan menjadi viral.

Kepala Pos Lantas Kartasura, Sukoharjo, Aiptu Andreas Christian D.N., mengatakan telah berhasil melacak keberadaan truk setelah berkoordinasi dengan Patwal Sragen, Patwal Karanganyar dan Polsek Jaten. “Hingga akhirnya kami bisa melakukan tindak penilangan di Pos Tugu Kartasura, Sukoharjo, Rabu (13/4/2022),” jelasnya saat dimintai konfirmasi Solopos.com, Rabu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sementara itu, pengemudi truk yang viral karena naik ke bak truk saat melintasi portal Underpass Makamhaji, Okta Efri Tyantoro, 29, mengatakan pihaknya tidak berusaha merusak portal. Justru, dia ingin menekan muatan yang berada di dalam truk. Okta mengatakan tinggi muatan belakang truk berselisih satu sentimeter dibandingkan tinggi muatan depan.

Baca juga: Polisi Buru Truk yang Terabas Portal Underpass Makamhaji Sukoharjo

Ekspedisi Mudik 2024

Sebagai informasi, aksi Okta terekam dalam video yang diunggah akun Instagram @info_kartasura pada Selasa pagi (12/4/2022) dan menjadi viral. Dalam video tersebut terlihat seorang pria berada di bagian atas truk yang sedang menyangkut di portal Underpass Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo.

“Bukan [merusak portal], yang saya rusak justru malah muatan saya, saya injak-injak, biar rata yang bagian depan dan belakang. Lha kalau saya ongkek-ongkek [melengkungkan paksa portal] kan ya malah roboh,” katanya menjelaskan aksinya katanya saat berbincang dengan Solopos.com di Pos Tugu Kartasura, setelah tindakan penilangan dari Lantas Sukoharjo, Rabu.

Warga Memberi Saran

Okta menambahkan setelah berhasil melewati portal underpass itu, dirinya sempat berhenti dan memastikan portal tidak mengalami kerusakan ataupun roboh. Dia juga mengatakan setelah aksinya itu, warga juga sempat menanyakan terkait tinggi muatan barang yang dibawanya. Menurutnya warga juga telah memberikan saran untuk tidak melewati portal dengan membawa muatan barang yang tinggi.

Baca juga: Baru Sehari Dipasang Lagi, Portal Underpass Makamhaji Diterabas Truk

Pada saat kejadian tersebut, pria asal Polokarto, Sukoharjo, itu sedang mengantarkan barang dengan tujuan 14 titik bongkar muat bersama seorang rekan sopirnya yang lain, Agung Setyo Nugroho, 27.

Agung yang juga hadir di lokasi penilangan mengatakan pada saat kejadian tersebut dirinya sedang melaju dari Jakarta menuju Solo Baru. “Dari Jakarta mau jemput pengawal yang bongkar paket di daerah Solo Baru,” jelasnya.

Dia mengatakan melihat rambu-rambu dan portal tersebut. Namun, dia mengaku nekat melintas di jalur Underpass Makamhaji karena beberapa barang telah ditunggu. Dia juga mengatakan dari 14 titik itu, dua di antaranya terlambat melakukan pengiriman.

Baca juga: Kronologi Portal Underpass Makamhaji Ditabrak Truk hingga Ambruk

Dia mengatakan tinggi portal di Underpass Makamhaji kemungkinan tidak sama, karena portal di sebelah barat berhasil dia lalui. Sedangkan portal di sebelah timur tampaknya lebih rendah. Dari perkiraannya itu, dia meminta Okta turun dan mengecek barang.

“Dari depan udah lolos, di belakang kok kelihatan mau nyangkut. Jadi saya minta turun, melihat keadaannya,” jelasnya.

Dia mengaku tidak memilih jalan mundur lantaran banyaknya mobil yang telah berada di belakangnya. Dia mengaku kaget dan tidak menyangka aksinya bersama Okta itu menjadi viral. Dia mengaku mendapat informasi terkait video yang beredar di medsos itu dari temannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya