SOLOPOS.COM - Petugas mengevakuasi truk yang tersangkut di jalur KA atau rel perlintasan 286 antara Kediri - Susuhan, Kediri, Jawa Timur, Selasa (18/1/2022). (Antara-Humas KAI Daops VII Madiun)

Solopos.com, KEDIRI — Sebuah truk Mitsubishi Fuso yang mengangkut mobil baru tersangkut rel di perlintasan jalur kereta api antara Kediri-Susuhan, Jawa Timur (Jatim), Selasa (18/1/2022). Akibat peristiwa itu, arus kereta api menuju Stasiun Kediri pun tersendat.

Manajer Humas PT KAI Daops VII Madiun, Ixfan Hendriwintoko, mengatakan kejadian truk tersangkut di rel perlintasan kereta api itu diketahui dari laporan petugas Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA) Stasiun Kediri. Petugas itu menyebut terdapat truk bermuatan mobil yang tersangkut di perlintasan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Petugas PPKA meneruskan laporan dari petugas penjaga perlintasan kereta api terkait adanya truk yang tersangkut di jalur KA perlintasan 286 antara Kediri-Susuhan,” ujar Ixfan, dikutip dari Antara, Selasa.

Baca juga: KAI Madiun Sediakan 43.606 Seat Kereta Api Saat Libur Panjang

Ia mengatakan truk yang tersangkut itu adalah Truk Mitsubishi Fuso berpelat nomor B 9190 UIV. Truk milik PT Tristar Java Transindo yang mengangkut mobil baru itu dikemudikan Sariman, warga Desa Jembayat, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah (Jateng).

Saat hendak melintas dari jalur satu arah Kediri-Susuhan tepatnya dekat area Kediri Town Square, tiba-tiba truk tersangkut di jalur perlintasan kereta api. Petugas pun langsung melakukan evakuasi terhadap truk tersebut.

Hal itu dilakukan segera karena jalur tersebut tergolong padat dengan laju kereta api, sehingga dikhawatirkan terjadi kecelakaan jika tidak segera dievakuasi. Selain itu, kejadian truk yang tersangkut di rel kereta api itu membuat keberangkatan kereta api di Stasiun Kediri menjadi terlambat.

Namun proses evakuasi tidak berlangsung mudah karena truk bermuatan mobil baru. PT KAI Daops VII Madiun pun akhirnya berkoordinasi dengan beberapa pihak untuk menurunkan muatan truk.

Baca juga: Sosok Jayabaya, Keturunan Arjuna Sang Penguasa Kediri

“Tadi sudah koordinasi dengan pihak terkiat guna evakuasi truk dengan menurunkan muatan. Selanjutnya truk didongkrak dan dimundurkan, namun belum berhasil,” kata dia.

Namun, petugas tetap berupaya keras agar proses evakuasi berjalan. Setelah beberapa lama, akhirnya truk yang sempat tersangkut itu berhasil dievakuasi.

Ixfan mengakui dari kejadian itu jalur kereta api sempat terganggu, di antaranya KA 169b (Kertanegara) yang harusnya tiba di Stasiun Kediri pada pukul 10.52 WIB, menjadi terlambat sekitar 35 menit. “Ada kedatangan kereta api yang sempat terganggu, namun kondisi aman,” kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya