SOLOPOS.COM - Potongan gambar saat Menteri Luhut Binsar Panjaitan menerima telepon saat Presiden Joko Widodo berpidato, 2 Februari 2022 lalu. (Youtube Setpres)

Solopos.com, JAKARTA — Tagar #LuhutBiangKerok menjadi trending di Twitter, Selasa (8/2/2022).

Hal itu terkait dengan aksi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan yang asyik menerima telepon saat Presiden Joko Widodo berpidato pada 2 Februari 2022 lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pantauan Solopos.com hingga pukul 18.00 WIB, lebih dari 21.000 tweet yang menautkan tagar #LuhutBiangKerok.

“Ingat di atas langit masih ada Luhut,” tulis @su_surahman sembari menautkan video saat Luhut menerima telepon dari Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin kala Presiden Jokowi berpidato.

Baca Juga: Terima Telepon Menkes, Luhut Abaikan Pidato Presiden Jokowi

“Kelak akan tercatat dalam sejarah kelam bangsa, the real president di balik layar. Mengendalikan boneka petugas partai #LuhutBiangKerok,” tulis @AndifaizalAbd.

Sejumlah pengguna internet menganggap Joko Widodo (Jokowi) bukanlah presiden sesungguhnya melainkan Megawati Soekarnoputri dan Luhut Binsar Panjaitan.

“Saya yakin dan percaya presiden kita ada 2, Megawati dan Luhut! Dah itu yang paling bener. Yang ini (Jokowi) hanya jubir,” sindir akun @ADJNID.

Kecaman lainnya datang dari akun @brammasro. Menurutnya, aksi seorang menteri menerima telepon saat Presiden berpidato baru terjadi di era Presiden Jokowi.

“Hanya terjadi di era ini. Ketika kepala negara sedang memberi sambutan kenegaraan meresmikan proyek, seorang menteri terlihat sedang berkomunikasi melalui HP. Kalau era Soeharto, Mega, Pak SBY pasti kena tegor & sanksinya. The Lord emang ruaar biasa,” tulisnya.

Baca Juga: Luhut Terima Telepon saat Jokowi Pidato, Warganet: Presidennya Luhut

Sebelumnya, Luhut Binsar Pandjaitan membuat heboh dunia maya setelah tertangkap kamera berbincang-bincang melalui telepon kala Presiden Jokowi berpidato.

Ketika itu Presiden berpidato sebelum meresmikan di Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumatera Utara. Ternyata, saat itu Luhut yang dijuluki The Lord itu sedang menerima telepon dari Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Aksi Luhut itu terekam dalam video berdurasi 6 menit 12 detik berjudul Sambutan Presiden Jokowi pada Peresmian Kawasan Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba, 2 Februari 2022 yang diunggah di kanal Youtube Sekretariat Presiden pada 2 Februari 2022.

Pantauan Solopos.com, Senin (7/2/2022) pukul 18.00 WIB video tersebut dilihat 149.763 viewer. Luhut terlihat berteleponan mulai detik ke-22 hingga ke-59. Pada detik ke-60 kamera tidak lagi menyorot aktivitas Luhut.

Baca Juga: Menko Luhut: Jakarta dan Bali Kembali ke Level 3 PPKM

Di belakang Jokowi, terlihat sejumlah menteri berdiri yakni Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Bupati Toba Poltak Sitorus.

Namun di saat Jokowi menyampaikan pidato itu, Luhut terlihat tak memperhatikan dan memilih untuk menerima telepon sambil meletakkan tangan kanannya di atas perut.

Terkait dengan video tersebut, Juru Bicara Menko Marves Jodi Mahardi mengatakan Luhut menerima telepon dari Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin terkait lonjakan Covid-19.

“Dari keterangan Pak Menko, saat itu beliau sedang menerima telepon dari Menkes yang sedang meng-update kondisi lonjakan kasus (Covid-19) yang cukup signifikan. Beliau menerima dua laporan. Setidaknya yakni soal PTM dan evaluasi Jawa-Bali,” ujar Jodi saat dikonfirmasi pada Senin (7/2/2022), seperti dikutip Solopos.com dari kanal Youtube Official News.

Jodi beralasan, laporan itu sangat penting karena harus segera diteruskan kepada Presiden Jokowi untuk diambil langkah-langkah mitigasi yang cepat.

“Karena kan saat itu kebetulan Pak Menko sedang mendampingi kegiatan Presiden. Hal ini penting dilakukan sebagai bagian langkah crisis management penanganan pandemi yang harus dilakukan dengan cepat dan terukur,” tambah Jodi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya