SOLOPOS.COM - Ilustrasi kemiskinan. (Istimewa)

Solopos.com, KLATENKabupaten Klaten menjadi salah satu daerah di Jawa Tengah yang masuk kategori kemiskinan ekstrem. Total daerah miskin ekstrem di Jateng mencapai 19 daerah.

Angka kemiskinan di Klaten selama 2019 hingga 2021 menunjukkan tren peningkatan. Berdasarkan data yang dihimpun dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk miskin sebanyak 144.100 jiwa atau 12,28 persen pada 2019. Pada 2020, jumlah penduduk miskin sebanyak 151.830 jiwa atau sekitar 12,89 persen. Pada 2021, jumlah penduduk miskin sebanyak 158.230 jiwa atau 13,49 persen.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jajang Prihono, mengatakan penentuan daerah miskin ekstrem itu dilakukan langsung oleh pemerintah pusat. Saat ini, pemkab masih berkoordinasi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) ihwal kriteria warga miskin terutama di daerah yang masuk kategori miskin ekstrem.

Baca Juga: Waduh! Klaten Masuk Daftar Kabupaten Miskin Ekstrem Lur…

Koordinasi untuk memperjelas parameter hingga lima kecamatan di Klaten masuk kategori miskin ekstrem. Kejelasan parameter itu diperlukan agar program penanganan yang diberlakukan tepat sasaran.

Di Klaten, ada lima kecamatan yang masuk kategori miskin ekstrem. Masing-masing, Kecamatan Jatinom, Wonosari, Wedi, Trucuk, dan Karangnongko

“Kami masih penasaran kenapa kelima kecamatan itu masuk dalam kategori miskin ekstrem. Karena memang data yang kami terima belum ada parameternya,” kata Jajang saat ditemui di Sekretariat Daerah (Setda) Klaten, Senin (11/4/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya