SOLOPOS.COM - Seorang pekerja konstruksi tengah melewati deretan beberapa proyek rumah di Karanganyar, beberapa waktu lalu. (Adib Muttaqin Asfar/JIBI/Solopos/ilustrasi)

Solopos.com, JAKARTA — Rumah.com memproyeksikan pencarian properti kelas menengah atas meningkat sepanjang tahun ini.

Country Manager Rumah.com Marine Novita mengatakan tren pencarian properti di Rumah.com di sepanjang 2021 menunjukkan antusiasme yang meningkat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Secara tahunan, pencarian properti dari Januari hingga Oktober 2021 meningkat sebesar 37% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Pencarian properti di Banten pada kuartal ketiga 2021 naik sebesar 6% pada kuartal ketiga tahun ini dibandingkan kuartal sebelumnya. Secara tahunan, pencarian properti di Banten naik sebesar 16%.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Pemerintah Disebut Gratiskan Vaksin Booster, Ini Respons Bio Farma

“Adapun kota yang paling banyak dicari di Banten ini Tangerang Selatan yang mengalami peningkatan pencarian sebesar 21,84% (qtq) dam 36,35% (yoy),” ujarnya dalam Kaleidoskop Properi 2021 dan Prospek 2022 Prolab School of Property, Senin (10/1/2022) malam seperti dilansir Bisnis.com

Sementara itu di DKI Jakarta, pencarian properti di Jakarta Utara masih positif, dengan kenaikan pencarian sebesar 4,54% pada kuartal III tahun 2021 dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain itu, pencarian properti di Jakarta Pusat juga meningkat pada kuartal ketiga 2021 dengan peningkatan pencarian sebesar 2,79% secara kuartalan.

Kenaikan pencarian properti di kawasan Jakarta Pusat dan Utara, yang merupakan salah satu kawasan dengan harga properti tertinggi, menunjukkan kembalinya minat pencari properti di pusat kota.

Baca Juga: Ground Breaking Tol Jogja-Bawen Tunggu Penyelesaian RTA

“Seperti yang kita tahu, properti di Jakarta tidak ada yang murah rerata Rp1 miliar hingga Rp2 miliar ke atas. Kita lihat ada peningkatan pencarian di wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Pusat,” katanya.

Menurutnya, bangkitnya minat konsumen terhadap properti kelas menengah atas juga ditunjukkan lewat harga properti yang dicari.

Jika digabungkan, besarnya jumlah pencari hunian di kisaran harga di atas Rp1 miliar mencapai 52% dari total pencari rumah di Rumah.com pada kuartal III tahun 2021.  Pencarian hunian di kisaran harga Rp1 miliar ke atas ini diproyeksikan akan menjadi tren di tahun 2022 ini.

“Yang mencari rumah lebih dari Rp4 miliar ada 16%, yang mencari rumah Rp1,5 miliar hingga Rp4 miliar ada sebesar 25%, yang mencari rumah Rp1 miliar hingga Rp1,5 miliar ada 10%, yang mencari rumah Rp750 juta – Rp1 miliar ada sebesar 9%, pencarian rumah Rp300 juta – Rp750 juta ada sebesar 23%, dan pencarian rumah kurang dari Rp300 juta sebesar 16%,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya