SOLOPOS.COM - Angkutan feeder baru BST yang dilengkapi pintu hidrolik terparkir di halaman Terminal Tipe A Tirtonadi, Solo, Senin (20/11/2017) pagi. (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

Pemkot Solo terus memperbaiki fasilitas angkutan umum termasuk angkutan pengumpan atau feeder BST.

Solopos.com, SOLO — Enam anggota staf Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Transportasi Dinas Perhubungan (Dishub) Solo menghampiri angkutan umum kota (angkuta) pengumpan (feeder) Batik Solo Trans (BST) baru di halaman Terminal Tipe A Tirtonadi, Selasa (21/11/2017) pagi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Mereka diperintah atasan untuk memasang pelat nomor kendaraan sekaligus mengecek fasilitas 30 feeder BST tersebut. Para petugas melaksanakan perintah dengan lebih dulu memasang pelat nomor berwarna kuning pada semua armada feeder BST itu. (Baca: 30 Unit Feeder Baru BST Dilengkapi Pintu Otomatis)

Setelah itu, mereka baru mulai membagi peran untuk mengecek satu per satu kondisi feeder. Hartanto, 47, kebagian mengecek feeder yang terparkir di sisi selatan halaman terminal. Dia mulai mengecek kondisi feeder dengan melihat lebih dulu sejumlah barang dan alat di kursi pengemudi.

Hartanto mengecek kelengkapan berbagai fasilitas pada mobil feeder baru BST dengan sistem check list. Dia membawa selembar kertas berisi daftar nama barang-barang saat memantau kelengkapan fasilitas armada feeder yang dicat warna biru padu padan stiker motif batik tersebut.

Jika barang yang dimaksud telah tersedia di dalam mobil feeder, Hartanto akan membubuhkan tanda centang pada kolom di bawah nama barang itu. Begitu juga sebaliknya, jika barang yang dimaksud tidak ditemukan, dia akan membubuhkan tanda setrip. (Baca: Feeder Dicarter, Koperasi Angkutan Kena SP)

Berbagai barang di kursi pengemudi yang dicek kelengkapan dan fungsinya oleh Hartanto, antara lain perlengkapan P3K, air conditioner (AC), tape, perangkat kemudi, dan tombol buka tutup pintu penumpang. Menurut dia, pengecekan dilakukan untuk memastikan kelengkapan dan fungsi berbagai barang yang menjadi fasilitas dalam mobil feeder BST baru.

Hartanto menerangkan fasilitas armada feeder baru BST ini tidak jauh berbeda dibanding armada feeder keluaran pertama awal tahun lalu. Yang menjadi pembeda adalah armada feeder BST baru kini dilengkapi dengan pintu hidrolik.

Pintu pada bagian penumpang kini bisa dibuka dan ditutup dengan mudah hanya dengan memencet tombol di bawah roda kemudi. Ada dua tombol yang tersedia untuk mengoperasikan pintu hidrolik.

Tombol merah untuk menutup pintu, sedangkan tombol hijau untuk membuka pintu. Hartanto menemukan pintu hidrolik sejumlah feeder BST tidak berfungsi dengan baik.

“Ada beberapa mobil yang pintunya ditemukan seret. Jadi harus dibantu dengan dorongan untuk bisa membuka dan menutup pintu. Hasil temuan ini akan kami laporkan ke kantor. Biasanya setelah ini bagian-bagian yang ditemukan masih bermasalah akan dibenahi sebelum mobil dioperasionalkan,” jelas Hartanto saat ditemui Solopos.com.

Setelah mengecek bagian pengemudi, Hartanto berpindah mengecek bagian kursi penumpang. Di bagian belakang mobil tersebut, dia memastikan berbagai fasilitas penunjang operasional feeder BST dalam kondisi lengkap dan berfungsi.

Sejumlah barang yang mesti ada di bagian kursi penumpang mobil feeder BST saat dicek, antara lain tempat sampah, segi tiga pengaman, alat pemadam api ringan (APR), buku servis, dongkrak, dan tool kit.

Anggota staf UPTD Transportasi lain, Hermawan, 42, menyebut hampir semua unit feeder BST baru yang terparkir di halaman Terminal Tirtonadi dalam kondisi siap jalan. Artinya, hampir semua feeder yang berjumlah 30 unit tersebut telah memiliki fasilitas yang lengkap dan berfungsi sesuai ketentuan.

Dia menilai fasilitas armada feeder baru yang jauh lebih lengkap dan mumpuni ketimbang angkuta lama membuat masyarakat kian tertarik dengan angkutan umum. Dia mengajak masyarakat menjajal armada feeder sebagai pilihan layanan transportasi umum di Solo.

“Silakan dijajal. Pasti masyarakat merasakan kenyamanan. Mobil feeder ini punya fasilitas lengkap. Ada AC, kursi empuk, tersedia kotak P3K, tong sampah, APAR, tape, dan lain sebagainya,” jelas Hermawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya