SOLOPOS.COM - Ilustrasi handphone (straitstimes.com)

Transportasi yang dilayani Trans Semarang melangkah lebih maju dengan pengembangkan pembayaran tiket lewat ponsel.

Semarangpos.com, SEMARANG — Badan Layanan Umum (BLU) Trans Semarang mengembangkan model pembayaran menggunakan layanan uang elektronik yang diakses melalui smartphone atau telepon seluler (ponsel) pintar. Sayangnya, hanya satu operator seluler yang digandeng BLU Trans Semarang dalam pengembangan teknologi baru tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Pembayaran tiket Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang ini menggunakan layanan T-Cash dari Telkomsel,” ungkap pelaksana Tugas (Plt.) Kepala BLU Transsemarang Ade Bhakti di Semarang, Kamis (27/7/2017).

Menurut dia, pembayaran tiket moda transportasi melalui layanan T-Cash itu baru kali pertama diterapkan di Semarang pada BRT Trans Semarang yang rencananya diluncurkan 17 Agustus 2017. Dengan layanan T-Cash, kata dia, penumpang BRT Trans Semarang tidak perlu khawatir tidak membawa uang tunai, asalkan membawa ponsel yang ada saldo T-Cash dalam jumlah mencukupi untuk tiket.

“Layanan T-Cash untuk BRT Trans Semarang ini merupakan salah satu kampanye cashless society setelah menggandeng perbankan untuk Kartu Semarang Hebat,” katanya.

Kali ini, Pemerintah Kota Semarang bekerja sama dengan Telkomsel untuk memberikan layanan pembayaran nontunai untuk menggunakan layanan transportasi Transsemarang di semua koridor. “Ya, ini bentuk pengembangan konsep ‘smart city’ di Kota Semarang. Draf nota kesepahamannya [MoU] sudah siap, tinggal finalisasi sebelum ditandatangani pada tanggal 17 Agustus mendatang,” kata Ade.

Sementara itu, Manager Digital Regional Expansion Telkomsel Regional Jateng-DIY Benedictus Ardiyanto membenarkan penggunaan T-Cash untuk moda transportasi baru pertama diterapkan di BRT Trans Semarang. “Sebenarnya, T-Cash ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal karena mudah. Tidak perlu membuka rekening bank, tanpa biaya administrasi. Sudah banyak yang jadi merchant kami,” katanya.

BLU Trans Semarang, kata dia, merupakan salah satu merchant sehingga pengguna layanan moda transportasi itu bisa memanfaatkan T-Cash lewat ponsel pintar untuk membayar tiket. Cara pemakaiannya, kata dia, pengguna melakukan top up saldo melalui mitra yang telah ditunjuk atau mengisi sendiri lewat ATM, dan bisa juga mengunduh aplikasi T-Wallet di ponsel pintar.

“Setelah itu, ada stiker khusus yang merupakan ‘pairing’ dengan nomor telepon pelanggan. Stiker itu tinggal ditempelkan di alat yang namanya EDC (electronic data capture),” katanya. Sebagai catatan, Ardi, sapaan akrab Ardiyanto, mengatakan bahwa pulsa ponsel dengan saldo T-Cash dibedakan sehingga ketika bertransaksi nontunai yang terpotong adalah saldo T-Cash, bukan pulsa.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya