SOLOPOS.COM - Seminar Nasional UMKM HMPSA Universitas Slamet Riyadi Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), merupakan kelompok usaha yang memiliki jumlah paling besar di Indonesia. UMKM menjadi salah satu hal yang mepengaruhi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Apalagi Indonesia sedang mengalami masa pandemi yang mengakibatkan terhambatnya ekonomi tak terkecuali para pelaku UMKM.

Tema inilah yang diangkat HMPSA Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo dalam seminar nasional dengan tema Transformasi Digital pada UMKM untuk Memperkuat Pilar Perekonomian Indonesia. Dalam rilisnya, Senin (29/11/2021), panitia menyatakan banyak pelaku UMKM yang terdampak oleh pandemi. Menurunnya penjualan karena adanya peraturan pembatasan jumlah pelanggan dan waktu operasional.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Agar pelaku UMKM tidak semakin terdampak oleh pandemi, maka diperlukan  digitalisasi UMKM sebagai sebuah solusi efektif. Digitalisasi membantu pelaku UMKM dalam memperluas pasarnya yang semula mungkin hanya lingkup lokal menjadi nasional.

Baca Juga : Dua Taekwondoin Unisri Solo Raih Medali Perak PON XX Papua 2021

“Tujuan diadakannya seminar ini adalah memberikan informasi serta ilmu bagi para atau calon pelaku UMKM. Apalagi anak muda mahasiswa dan masyarakat umum adalah sasaran seminar. Mereka yang tertarik pada bidang usaha masih membutuhkan informasi, dorongan, serta motivasi untuk terjun di bidang tersebut,” papar panitia dalam rilisnya.

Dengan memanfaatkan peluang ini, HMPSA Universitas Slamet Riyadi mendukung usaha UMKM yang dikelola oleh pengusaha muda. Salah satu dukungannya yakni mengadakan seminar nasional agar menjadi wadah dan penyalur ilmu bagi mahasiswa maupun masyarakat umum terkhusus pelaku dan calon UMKM.

Seminar Nasional HMPSA 2021 mengundang pembicara Fungsional Ahli Muda pada Asisten Deputi Pembangunan & Pembaruan Perkoperasian, Nelly Gustiana Istita; CEO PT Lazizaa, Rahmat Semesta, Yudha Setiawan, dan owner Tomyaki Takoyaki, Thomas Galih. SME Development Shopee Indonesia, Yoga Aria Seta, sebagai keynote speaker.

Baca Juga : Sopir Diduga Sakit, Mobil Tabrak Pagar Rumah Warga di Boyolali

Inti dari materi yang disampaikan oleh ketiga pembicara adalah bagaimana cara untuk memulai UMKM serta strategi dalam menciptakan UMKM di era digitalisasi. UMKM harus pula mengamati hambatan apa saja yang mungkin dihadapi dalam menjalankan bisnis, serta mempelajari ekosistem digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya