SOLOPOS.COM - Polisi mengevakuasi mobil yang rusak akibat kerusuhan di lapangan Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Minggu (2/10/2022). Kerusuhan yang terjadi di stadion tersebut menyebabkan 13 unit mobil rusak, 10 unit diantaranya mobil polisi dan tiga unit mobil pribadi. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/nym.

Solopos.com, JAKARTA — Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) meluruskan kabar beberapa pintu di Stadion Kanjuruhan dikunci saat tragedi yang menyebabkan 125 orang meninggal pada Sabtu (1/10/2022).

Komisioner Kompolnas, Albertus Wahyurudhanto, menyampaikan beberapa pintu di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur dikunci saat Arema kontra Persebaya Surabaya itu bukan perintah Kapolres Malang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami konfirmasi kepada Kapolres bahwa tidak ada perintah menutup pintu sehingga harapannya memang 15 menit [sebelum pertandingan berakhir] dibuka. Tetapi, tidak diketahui mengapa ada pintu terkunci,” ujar Albertus di Malang, Selasa (4/10/2022).

Albertus juga mengatakan bahwa secara logika tidak mungkin seorang polisi memegang kunci pintu Stadion Kanjuruhan. Sebab, lanjutnya, secara logika yang memegang kunci pintu Stadion Kanjuruhan adalah panitia penyelenggara.

“Tetapi, kepastiannya nanti membutuhkan pendalaman lagi siapa yang sebetulnya membawa kunci [pintu stadion] itu,” tuturnya.

Baca Juga : Kompolnas akan Supervisi dan Evaluasi Tragedi Kerusuhan Kanjuruhan Malang

Albertus juga mengatakan bahwa tidak ada perintah dari Kapolres untuk menambakan gas air mata saat kerusuhan terjadi di Stadion Kanjuruhan. Dia menyampaikan hal itu setelah melihat video rekaman apel lima jam sebelum pertandingan.

“Kemudian juga tidak ada perintah dari Kapolres untuk melakukan penguraian massa dengan tindakan resesif yaitu peluru gas air mata,” tuturnya.

Seperti diketahui, tragedi Kanjuruhan menyebabkan 125 orang meninggal. Data tersebut disampaikan pemerintah melalui DVI Polri beberapa waktu lalu. Peristiwa ini menjadi tragedi dalam sejarah dunia sepak bola.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Kompolnas: Tidak Ada Instruksi Kunci Pintu Kanjuruhan dari Kapolres Malang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya