SOLOPOS.COM - Pantai Ngandong, Gunungkidul. (Youtube)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Kunjungan wisatawan di pantai-pantai yang ada di Kabupaten Gunungkidul diprediksi melonjak tajam pada saat tradisi padusan berlangsung atau satu hari sebelum puasa Ramadan. Petugas yang disiagakan untuk mengawasi pelaksanaan tradisi padusan ini sebanyak 64 orang.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II DIY, Marjono, mengatakan upaya persiapan untuk antisipasi melonjaknya kunjungan saat tradisi padusan yang berlangsung pada Jumat (1/4/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Persiapan pengamanan sendiri telag dilakukan sejak Rabu (30/3/2022) dengan menerjunkan personel sebanyak 64 orang untuk berjaga-jaga di kawasan pantai, mulai dari Pantai Poktunggal hingga Pantai Gesing.

Baca Juga: Bikin Pusing! Kawanan Monyet Serang Lahan Petani di Gunungkidul

“Semua anggota kami siagakan karena ada potensi peningkatan kunjungan,” kata Marjono, Kamis (31/3/2022).

Menurut dia, pengawasan tidak hanya melakukan pemantauan dari posko. Namun demikian, ada juga personel yang ditugaskan untuk berbaur dengan wisatawan saat bermain di pantai.

“Saat bermain di area berbahaya akan diperingatkan. Selain itu, kami juga mengimbau melalui pengeras suara,” katanya.

Baca Juga: Jatuh saat Mencari Kelelawar di Tebing Laut, Pria Gunungkidul Meninggal

Marjono mengungkapkan, pengawasan tidak hanya menyangkut dengan masalah keselamatan pengunjung. Pasalnya, juga ada upaya pengawasan protokol kesehatan. Langkah ini sebagai upaya mengurangi risiko penularan virus corona di kawasan pantai.

“Kami akan terus mengimbau agar wisatawan dapat mematuhi protokol kesehatan agar mata rantai penyebaran virus dapat ditekan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya