SOLOPOS.COM - Ilustrasi cuci motor. (Astramotor.co.id)

Solopos.com, SOLO — Sepeda motor setelah menerabas hujan sebaiknya segera dicuci, selain agar tampilannya tetap bersih, juga mengindari dampak buruk setelah terabas hujan.

Dampak air hujan seperti kemampuan kendaraan menjadi tidak nyaman dikendarai lagi, hingga beberapa permasalahan lain yang mungkin bisa timbul dan menyebabkan masalah lebih besar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berikut dampak sepeda motor yang baru hujan-hujanan jika tidak segera dicuci, seperti dikutip dari Astramotor.co.id.

Kampas Rem Bisa Bermasalah

Salah satu bagian yang terbuka dan rawan banget ketika terabas hujan yakni kampas rem. Besar kemungkinan bagian ini akan menimbun kotoran, jika tidak segera dibersihkan bisa menimbulkan decitan.

Selain itu kampas rem juga akan mengalami keausan lebih cepat dibanding biasanya, lantaran gesekan dari kotoran tadi terjadi secara berkelanjutan. Piringan cakram juga akan timbul goresan-goresan.

Baca juga: Ini Bahayanya Jika Sepeda Motor Terkena Banjir Rob

Panas Mesin Tidak Normal

Dampak berikutnya yang akan ditimbulkan ketika setelah dipakai hujan-hujanan dan tidka segera dicuci yakni mesin tidak bisa mengeluarkan panas secara normal.

Terlebih bagi motor yang memiliki radiator, ketika kotoran sudah mengendap disana, performa mesin juga akan mengalami penurunan.

Suspensi Bermasalah

Masalah berikutnya yang bakal dialami yakni suspensi yang tidak lagi bisa nyaman. Ketika percikan air hujan masuk dan tidak segera dibersihkan, pelumas suspensi ikut larut bersama air hujan.

Karet Seal

Ada beberapa komponen yang telah dilindungi oleh karet seal untuk menjaganya dari air hujan. Kalau sering terkena air hujan, karet seal akan mengalami penurunan kualitas dam bisa menyebabkan karatan pada bearing atau bantalannya.

Jika karatan ini dibiarkan terus akan menimbulkan kerusakan lebih parah. Dan karet seal lainnya yang rawan yaitu pada bagian sokbreker.

Baca juga: Kenali Penyebab Nyala Lampu Mobil Anda Kurang Terang

Tutup Busi Tidak Lagi Normal

Bisa dibayangkan bukan kalau tutup businya terkena air, maka fungsi kelistrikannya juga bakal terhambat sehingga motor bisa mogok di tengah jalan.

Rantai Mudah Berkarat

Mungkin kalau dalam jangka pendek yang ditimbulkan masalah kebisingan dari suara kotoran yang ikut nempel bersama air hujan, tapi dalam jangka lamanya akan timbul karatan

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya