SOLOPOS.COM - Petugas KPPS menyelesaikan dekorasi TPS 037 pada persiapan Pilkada Solo 2020 di Bibis Kulon, Gilingan, Banjarsari, Solo, Senin (7/12/2020). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Hari pemungutan suara Pilkada Solo 2020, Rabu (9/12/2020), akan menghadirkan beberapa tempat pemungutan suara (TPS) unik.

Informasi yang Solopos.com himpun, Selasa (8/12/2020), setidaknya ada tiga TPS unik pada pemunguatan suara nanti.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pertama, TPS Piala Dunia dengan petugas KPPS yang mengenakan jersey timnas Indonesia di Restoran Lawang Djoenjing, Dukuhan Nayu, Joglo, Banjarsari.

193 Pemilih Pilkada Sukoharjo 2020 Pastikan Nyoblos Di Rumah Sakit

Ekspedisi Mudik 2024

Pembuatan TPS unik Pilkada Solo dengan tema Piala Dunia ini merespons agenda Piala Dunia U-20 yang salah satu tuan rumahnya Kota Solo.

Stadion Manahan akan menjadi salah satu venue penyelenggaraan pertandingan Piala Dunia U-20. Selain itu beberapa lapangan akan digunakan untuk tempat berlatih tim-tim yang berlaga di Piala Dunia U-20.

TPS lainnya yang tak kalah unik ada di Bibis Kulon RW 017 Kelurahan Gilingan, Banjarsari, tepatnya di dekat Sendang Mbah Meyek. Temanya antikorupsi.

Tak Jadi Di Benteng Vastenburg, Karantina Pemudik Pindah Ke Solo Technopark

Para petugas KPPS pada TPS unik Pilkada Solo 2020 itu akan mengenakan baju berwarna oranye dengan tulisan “Bukan Tahanan KPK”.

Untuk memperkuat kesan disiapkan pintu teralis besi seperti penjara. Yang terakhir ada TPS Sadar Protokol Kesehatan (Prokes). TPS ini terletak di Dukuhan Nayu RW 021 Kelurahan/Kecamatan Banjarsari.

Merangsang Semangat Pemilih

Lokasinya dari Kampus Unisri TPS berada di sisi timur-utaranya. Konsep TPS unik diharapkan semakin merangsang semangat dan kesadaran masyarakat untuk memilih.

Rekor Terbanyak! Positif Covid-19 Kota Solo Tambah 111 Kasus Sehari, 5 Orang Meninggal

“TPS unik atau tidak biasa ini membuktikan antusiasme masyarakat Solo menyambut gelaran Pilkada 2020. Dengan keunikan ini diharapkan masyarakat semakin semangat untuk ke TPS,” ujar penggagas TPS unik, Mayor Haristanto.

Mayor sengaja menyesuaikan konsep atau tema TPS dengan momentum yang sedang hits saat ini, seperti TPS prokes. Ia berharap masyarakat merasa aman dan tenang untuk datang ke TPS lantaran semua petugas mengenakan baju hazmat.

Harus Karantina Mandiri Karena Kontak Dengan Pejabat Positif Covid-19, Ini Penjelasan Rudy Wali Kota Solo

Apalagi tersedia satu mobil ambulans di sekitar TPS. “TPS ini sekaligus sebagai seruan atau kampanye penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat. Sebab saat ini kan masih dalam kondisi pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Mayor mengajak para pemilih yang sudah masuk DPT untuk datang ke TPS untuk menggunakan hak suara kendati sedang pandemi Covid-19. Sebab penyelenggara pilkada sudah menyiapkan protokol kesehatan ketat saat pemungutan suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya