SOLOPOS.COM - Toyota Gazoo kenalkan GR Corolla. (Antara/HO-Toyota Global)

Solopos.com, JAKARTA — Mobil Toyota Corolla sudah dikenal konsumen otomotif sejak lama. Bahkan pada tahun 1997 Toyota Corolla menjadi mobil sedan terlaris di dunia. Bahkan model lama pun masih berseliweran di Indonesia.

Kini Toyota Gazoo Racing (TGR) memperkenalkan GR Corolla yang mengusung mesin turbo tiga silinder 1.600cc, di California, AS. Toyota menyatakan mobil ikonis tersebut juga akan dipasarkan di Jepang pada semester kedua 2022.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

“Menghadirkan kembali Corolla yang telah memikat pelanggan kami,” kata Presiden Toyota Akio Toyoda, dalam siaran pers Toyota Global, Jumat (1/4/2022) yang dikutip Antara.

Baca juga: Lexus jadi Bumper Toyota Hadapi Persaingan Mobil Elektrik

Mesin turbo intercooler tiga silinder 1.600cc yang digunakan di GR Corolla diklaim lebih kuat dari mesin GR Yaris. Mesin Corolla versi sport ini mampu mengeluarkan output maksimum 224 kW (304 PS)/6.500rpm, sedangkan GR Yaris sebesar 200 (272) 6.500rpm.

GR Corolla mengadopsi sistem GR-FOUR 4WD yang juga terdapat pada GR Yaris. Sistem GR-FOUR 4WD menggunakan electronic multi-plate clutch guna memberikan gaya penggerak depan dan belakang yang bervariasi.

Namun, 4WD pada mode “Drive” GR Corolla mampu mengontrol respons akselerator, kemudi, dan lainnya secara terpisah. Sehingga pengemudi bisa memilih preferensi sesuai gaya menyetir atau kondisi jalanan.

Baca juga: Toyota Corolla Tipe SUV Meluncur di Jateng, Simak Harganya…

GR Corolla
Toyota Gazoo kenalkan GR Corolla (Antara/HO Toyota Global)

Selain itu stabilitas GR Corolla juga dioptimalkan dengan penggunaan pillow-ball bushings, shock absorbers dan per yang dioptimalkan. Serta wheel alignment yang sesuai dengan transmisi GR-FOUR. Hal itu dapat memberikan performa tinggi saat mobil menikung.

Kemudian untuk bodinya, GR Corolla menggunakan basis Toyota Corolla Sport namun dengan memperlebar roda depan sejauh 60 mm dan 85 mm pada belakang. Kendati demikian, mobil itu tetap bisa mengangkut lima penumpang.

Sehingga GR Corolla masih bisa digunakan sebagai moda mobilitas sehari-hari. Hanya saja Toyota belum mengumumkan harga untuk GR Corolla versi Amerika itu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya