Total Ada 6 Laboratorium Tes Covid-19 di Jateng, Dua di Solo
Solopos.com|jateng

Total Ada 6 Laboratorium Tes Covid-19 di Jateng, Dua di Solo

Total ada enam laboratorum pengujian berbasis PCR untuk tes Covid-19 di Jawa Tengah atau Jateng, dua di antaranya berada di Solo.

Solopos.com, SEMARANG — Hingga Kamis (16/4/2020), terdapat enam laboratorium tes Covid-19 di Jawa Tengah (Jateng), dua di antaranya ada di Solo. Diharapkan dengan enam laboratorium tersebut, uji swab dapat dilakukan secara cepat.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berharap pemerintah pusat juga bisa mempercepat pengiriman reagen pemeriksaan tes swab kepada enam laboratorium Covid-19 termasuk yang di Solo.

Klorokuin, Covid-19, dan Autoimun

“Targetnya, kita mempermudah dan mempercepat pemeriksaan swab itu. Jadi hasilnya cepat diketahui. Kalau kurang sih enggak, tapi perlu percepatan distribusi dari pusat. Karena dengan adanya penambahan laboratorium itu pasti ada peningkatan kuantitas,” jelas Ganjar dilansir Okezone.com, Kamis (16/4/2020).

Ganjar juga berniat untuk membeli reagen yang digunakan untuk tes swab jika pemerintah pusat lamban dalam pengiriman.

Agar Tak Stres, Begini Cara Mengatur Keuangan di Saat Pandemi Corona

“Sekarang saya minta agar pusat segera mengirim itu. Kalau tidak, saya minta ditunjukkan saja itu belinya di mana agar kami beli sendiri. Itu yang akan kita penuhi,” lanjutnya.

Adapun keenam laboratorium tes Covid-19 di antaranya RSUP dr Kariadi Semarang, RS Nasional Diponegoro, Balai Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda Jateng di Semarang, Balai Besar Litbang Vektor dan Reservoir Penyakit (B2P2VRP) Salatiga, RSUD dr Moewardi & RS UNS Solo.

Beli Bakmi Godok Rp10.000 di Klaten, Gratis 1 Masker

350 Sampel Seminggu

Sebagai salah satu laboratorium pengujian tes Covid-19, RS UNS di Solo klaim mampu melakukan uji sebanyak 350-an sampel sepekan.

“Kami menggunakan alat lama. Jadi kalau bisa mendapatkan tambahan alat baru, jumlahnya bisa lebih dari itu. Tapi, kami harus memastikan pasokan reagen dari Kementerian Kesehatan [Kemenkes]. Kalau keduanya lancar, target itu pasti terpenuhi,” kata Juru bicara Covid-19 RS UNS Tonang Dwi Ardyanto, Senin (13/4/2020).

HPM Pertimbangkan Honda Jazz Terbaru Masuk Indonesia?

RS UNS akan melayani uji swab dari eks karesidenan Semarang maupun Pati. Hasil uji berbasis polymerase chain reaction (PCR) ini ditargetkan keluar hasilnya pada keesokan harinya.

Sementara itu, laboratorium di RSUD dr Moewardi mulai siap melakukan tes Covid-19 di Solo mulai pekan depan.

Olahraga yang Dianjurkan dan Tidak Dianjurkan Bagi Pengidap Penyakit Jantung

Kasubbag Hukum dan Humas RSDM, Eko Haryati, saat dihubungi Solopos.com, Kamis (16/4/2020) sore. Eko menyampaikan persiapan laboratorium tes swab itu hampir final.

“Senin (20/4/2020) Insyaallah sudah mulai bisa [menerima]. Alat sudah ada, reagen sudah mendapat kiriman, dokternya juga sudah siap. Tinggal kami menyiapkan kebijakan standar prosedur operasional (SPO). Kapasitasnya belum kami hitung. Kami rampungkan pekan ini,” terangnya kepada Solopos.com.

Paket Sembako Polda dan Polres Dibagikan untuk Warga Grobogan

Persiapan final tersebut di antaranya adalah penyempurnaan laboratorium tes swab di RSUD Moewardi Solo yang harus berstandar keselamatan biologi atau biosafety level dua. Kemudian kelengkapan alat yang harus disimpan pada biosafety cabinet dengan standar minimal level 2A.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago