SOLOPOS.COM - Ilustrasi tanaman herbal. (Freepik)

Solopos.com, KARANGANYAR — Tawangmangu dipilih menjadi herbal tourism atau wisata herbal dan destinasi wisata kesehatan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf).

Dikutip dari laman resmi Kemenparekraf, Kamis (6/1/2022), Tawangmangu yang masih banyak tanaman hijau dipilih menjadi herbal tourism lantaran ada pusat kesehatan herbal milik Kementerian Kesehatan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tak hanya itu, di Tawangmangu juga terdapat pengobatan tradisional yang menggunakan bahan-bahan lokal yang telah teruji ilmiah. Daerah lereng Gunung Lawu ini juga memiliki program saintifikasi jamu, dan setiap herbalnya sudah diuji secara ilmiah hingga layak dikonsumsi.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga:  Bumi Perkemahan Pleseran, Tempat Kece Untuk Camping di Karanganyar

Tawangmangu yang dipilih menjadi destinasi wisata kesehatan diharapkan dapat menarik minat para pengunjung dengan olahan tanaman herbal menjadi jamu yang merupakan minuman tradisonal asli Indonesia. Di Tawangmangu, Karanganyar, ada banyak tempat produksi minuman herbal yang berpotensi menjadi destinasi herbal tourism di Indonesia.

Selain Tawangmangu, daerah lain seperti Bali dan Yogyakarta, juga menjadi pilihan Kemenparekraf untuk menjadikan wellness tourism dan herbal tourism. Ketiga daerah dianggap potensial dalam mengembangkan wisata kesehatan.

Baca Juga: Disebut di Serial Layangan Putus, Ini Keindahan Cappadocia

Budidaya Tanaman Herbal

Sekitar 800 jenis tanaman herbal dibudayakan di Tawangmangu. Ratusan tanaman herbal tersebut memiliki khasiat untuk mencegah dan juga menyembuhkan berbagai peyakit.

Obat herbal seperti kunyit bisa mengobati penyakit maag, seledri dapat mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi, dan daun jambu biji mampu mengatasi diare. Semua obat herbal tersebut telah teruji klinis di Tawangmangu yang menjadi destinasi wisata kesehatan.

Sementara tanaman obat di Tawangmangu seperti contoh sambilato yang dapat mencegah diabetes, tempuyung untuk melancarkan air seni, dan daun handeuluem yang mampu mengatasi wasir.

Wisatawan yang berkunjung di destinasi wisata herbal Tawangmangu tak hanya akan mengetahui jenis-jenis tanaman dan khasiatnya, namun juga akan diberikan informasi tentang sejarah jamu dan tradisi herbal Jawa yang dikemas dalam satu paket wisata yang menarik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya