SOLOPOS.COM - Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez (kiri) dan Pol Espargaro memacu kecepatan sepeda motor saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/rwa.

Solopos.com, LOMBOK — Sirkuit Mandalika dinyatakan lolos kualifikasi dunia dan layak menjadi tuan rumah gelaran Moto GP. Hal itu setelah top speed para pembalap di Sirkuit Mandalika mencapai rata-rata di atas 300 kilometer per jam.

Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) l, Abdulbar M Mansoer, mengatakan rata-rata top speed pembalap dalam tes pramusim Moto GP Mandalika 2022 di atas 300 kilometer per jam sehingga Sirkuit Internasional Mandalika memenuhi kualifikasi olahraga balap dunia.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Dalam official test yang diikuti 24 pembalap pada 11 Februari hingga 13 Februari 2022 itu, motor pabrikan Ducati berhasil mencatatkan waktu tertinggi. Johann Zarco dari tim Pramac Racing memimpin catatan top speed dengan melaju sampai 314,8 kilometer pernjam di trek lurus Sirkuit Mandalika pada hari ketiga tes di trek sepanjang 4,31 km itu.

Baca Juga: Lebih Baik dari Sepang, Aspal Sirkuit Mandalika Malah Panen Kritik

Mansoer menjelaskan pihaknya telah melakukan evaluasi internal terhadap gelaran pre-season test. Dia mendapatkan catatan bahwa tes di hari pertama pada 11 Februari 2022 pada pagi hari top speed pembalap sekitar 285 km/jam. Lantas penyelenggara pun melakukan pembersihan sirkuit.

“Setelah dilakukan pembersihan, pada siang harinya tes dilanjutkan. Top speed yang dicapai oleh Johann zarco sudah mencapai 314,8 km/jam yang artinya bahwa pembalap sudah melakukan adjustment, kami juga melakukan pembersihan di hari pertama sehingga pembalap bisa mencapai top speed yang memang diharapkan sekitar 310 km/jam ke atas atau 1 menit 33 detik per lap,” kata Mansoer dikutip Antara Kamis (17/2/2022).

Pada hari kedua dan ketiga gelaran tes dimulai tepat waktu tanpa ada penundaan. Pembalap juga semakin meningkatkan performanya.

Sementara itu, Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Andhi Satria menambahkan pihak Dorna dan FIM juga telah memberikan masukan perbaikan dalam hal estetika pada sirkuit. Mulai dari pengecatan sisi lintasan pada motif tenun, perbaikan tenda untuk marshall di sisi lintasan, dan beberapa detail lain.

Baca Juga: Bukan Mandalika, Ini Sirkuit dengan Tikungan Terbanyak di Moto GP 2022

“Juga soal petugas di lintasan sepanjang ajang pre season. Ada sekitar 400 marshall baru yang dilatih dengan kami mendatangkan marshall berlisensi COC dari Malaysia sebanyak tiga orang. Jadi dari Dorna dan FIM mengungkapkan kepuasan mereka melihat sigapnya petugas lintasan termasuk soal keamanan, dokter juga lintasannya sendiri,” kata Andhi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya