SOLOPOS.COM - Gambaran virus HIV. (Wikimedia.org)

Solopos.com, LONDON - Seorang pasien asal London dinyatakan sembuh dari infeksi HIV setelah 17 tahun berjuang. Pria yang dikonfirmasi bernama Adam Castillejo itu didiagnosis pada 2003.

Castillejo telah berulangkali memperpanjang usianya usai menjalani transplantasi sumsum tulang khusus. Castillejo telah dinyatakan bebas dari virus selama 30 bulan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bupati Madiun Temukan 3 Pemandu Lagu Idap HIV/AIDS

Dokter yang menanganinya makin yakin bahwa kasus ini menunjukkan kesembuhan.

"Kami mengusulkan bahwa hasil ini menunjukkan kasus kedua pasien sembuh dari HIV," kata Ravindra Kumar Gupta, profesor mikrobiologi klinis dari University of Cambride.

Ibu Hamil di Klaten Wajib Tes HIV/AIDS

Manusia pertama yang diyakini sembuh dari HIV adalah Timothy Brown, atau dikenal sebagai "Pasien Berlin". Sama seperti Castillejo, Brown juga menjalani transplantasi sumsum tulang pada 2007 dan kini telah bebas HIV selama lebih dari 10 tahun.

Meski demikian, para ilmuwan menekankan bahwa transplantasi semacam itu tidak akan menjadi terapi standar bagi seluruh pasien HIV. Selain karena berisiko, baik Castillejo maupun Brown menjalaninya lebih untuk mengatasi kanker dibanding HIV.

Bayi Dilahirkan di Indekos Karanganyar Diduga Idap HIV/AIDS, Pemkab Carikan Solusi

HIV Adalah

Human Immunodeficiency Virus atau HIV adalah sebuah virus yang mampu menyebabkan penyakit AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) yang masuk ke dalam tubuhmu.

Seseorang dapat terinfeksi penyakit ini dengan cara melakukan hubungan seksual tanpa alat pengaman dengan mereka yang sudah mengidap penyakit ini atau berbagi jarum suntik dengan penderita AIDS.

HIV secara drastis dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, sehingga memungkinkan penyakit, bakteri, virus, dan infeksi lainnya menyerang tubuhmu. Tidak seperti virus lainnya, tubuhmu tidak bisa menyingkirkan HIV sepenuhnya. Jika sudah terinfeksi HIV, maka kamu akan memiliki virus ini sepanjang hidup.

HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh dengan menghancurkan sel CD4 (sel T). Sel CD4 adalah bagian dari sistem imun yang spesifik bertugas melawan infeksi. Infeksi HIV menyebabkan jumlah sel CD4 turun secara dramatis sehingga sistem imun tubuhmu tidak cukup kuat untuk melawan infeksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya