SOLOPOS.COM - Penyanyi K-pop IU (soompi)

Solopos.com, JAKARTA--Ada sejumlah lagu baru IU yang sukses memikat hati penggemarnya. Alhasil, pemilik nama asli Lee Ji Eun itu pun sukses menorehkan prestasi.

Sebanyak 15 lagu baru IU sukses sapu bersih tangga lagu Korsel. Tembang-tembang itu berasal dari album terbarunya. Top!

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Lagu baru IU itu sukses bertengger di kategori 100 teratas secara bersamaan. Melansir The Korea Times dan Bisnis.com pada Senin (5/4/2021), penyanyi solo berusia 28 tahun itu menempatkan 16 lagu di 100 teratas di tangga lagu harian terbaru oleh layanan streaming Melon dan Genie Music yang diperbarui pada Sabtu (3/4/2021), termasuk 10 lagu dari album barunya Lilac.

Baca Juga: Simak 5 Mitos Kista Ovarium Seperti Dialami Aurel Hermansyah

Komposisi itu terdiri atas 15 lagu baru IU dan satu lagu lawas. Lilac, merupakan lagu baru IU dari album studio barunya yang juga berjudul Lilac, menduduki puncak kedua tangga lagu, diikuti oleh Selebriti yang telah dirilis sebelumnya di urutan ketiga. Sementara Coin, Hi Spring Bye, dan Flu, semuanya dari album studio kelimanya, juga menempati posisi 10 teratas di kedua tangga lagu.

Hold My Hand, lagu yang ditulis sendiri oleh penyanyi itu yang dirilis pada  2011, masing-masing berada di posisi 7 dan 11 di tangga lagu Melon dan Genie Music. Kolaborasi profil tinggi tahun 2020 antara ratu K-pop dan Suga BTS, "Eight," menduduki peringkat No. 20 di tangga lagu, hampir satu tahun setelah dirilis.

Di tangga lagu Melon, bahkan nomor musim semi 2014 miliknya berada di peringkat ke-89. Pakar budaya pop mengatakan dominasi hits masa lalu dan masa kini seorang musisi di tangga lagu musik sangat menonjol, bahkan dibandingkan dengan kesuksesan grup K-pop boy dan girl grup di tangga musik.

Didukung oleh dukungan terorganisir dari penggemar, grup K-pop sering menempatkan lagu mereka di posisi teratas di tangga musik waktu nyata, tetapi lagu terkadang turun lebih rendah dalam beberapa hari. IU, sementara itu, telah menyimpan lagu-lagunya  termasuk yang sudah ada sejak beberapa tahun lalu - di tangga musik untuk waktu yang cukup lama.

Baca Juga: Ketahui 5 Kesalahan Sarapan Yang Sering Dilakukan Tanpa Sadar

"IU hampir satu-satunya penyanyi yang albumnya didengarkan publik sepenuhnya setelah dirilis dan memilih favorit mereka," kata kritikus musik Jung Min-jae.

Menurut Jung pendengar yang masih remaja dan berusia 20-an mungkin juga memainkan peran besar dalam fenomena ini karena mereka tumbuh dengan mendengarkan musik IU selama hampir satu dekade.

Penyanyi solo papan atas, yang memulai debutnya pada tahun 2008, telah menjadi salah satu penyanyi paling sukses di sini dengan lagu-lagu megahit yang diproduksi sendiri, seperti Through the Night, Palette, dan Blueming.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya