Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Tom Liwafa, Crazy Rich Surabaya yang Memulai Bisnis dari Jualan Sticker

Tom Liwafa yang disebut sebagai salah satu crazy rich Surabaya dikenal piawai mengelola bisnis. Lantas bagaimana perjalanan bisnis Tom Liwafa?
SHARE
Tom Liwafa, Crazy Rich Surabaya yang Memulai Bisnis dari Jualan Sticker
SOLOPOS.COM - Tom Liwafa yang disebut sebagai salah satu crazy rich Surabaya dikenal piawai mengelola bisnis.(Instagram.com/tomliwafa)

Solopos.com, SOLO — Tom Liwafa yang disebut sebagai salah satu crazy rich Surabaya dikenal piawai mengelola bisnis.

Lantas bagaimana perjalanan bisnis Tom Liwafa hingga dia disebut sebagai salah satu crazy rich asal Kota Pahlawan itu?

PromosiGelaran B20 di Jawa Timur Fokus pada Rantai Pasok UMKM

Melansir dari berbagai sumber, Tom Liwafa mengawali bisnisnya sebagai penjual stiker. Tom Liwafa lahir dari keluarga sederhana. Orang tuanya bekerja serabutan untuk memenuhi kebutuhan.

Tom kemudian melakukan berbagai usaha untuk memenuhi kebutuhannya. Bahkan dia pernah tinggal di sebuah kamar kos bersama dengan ketiga kakaknya.

Saat masih kuliah, Tom Liwafa memulai perjalanan bisnisnya dengan menjual stiker. Tom Liwafa juga pernah menjadi bagian dari sebuah band metal dengan mengisi posisi vokalis. Hal tersebut Ia manfaatkan untuk menjalin relasi dan juga mengembangkan bisnis stikernya.

Baca Juga: Elon Musk Tantang Debat CEO Twitter, Soal Bot?

Tak hanya menjual stiker, dia pernah menjual kaus yang ditawarkan kepada beberapa distro dan teman-temannya. Tom juga memasarkan kaus yang diproduksinya di berbagai media sosial dan forum seperti KasKus, dan lainnya.

Bisnis kaus ini cukup sukses dan cukup untuk memenuhi kebutuhannya. Dengan modal yang ada, Tom Liwafa memutuskan untuk merantau ke Jakarta dengan harapan mendapatkan penghasilan yang lebih baik.

Ia perlahan-lahan mulai membangun relasi bisnisnya dan bertemu dengan Delta Hesti yang saat ini menjadi istrinya. Bersama dengan istri, Tom Liwafa memutuskan untuk memulai bisnis fashion.

Mereka mengawalinya dengan menggunakan alat jahit milik ayah Tom untuk membuat berbagai fashion
wanita seperti kaus, tas, dan sepatu handmade.

Baca Juga: Perlu Tahu, Ini Tips Memulai Investasi Properti Aman dan Menguntungkan

Mengutip dari Bisnis.com Jumat (19/8/2022), lebih dari 10 tahun terakhir, Tom berhasil memiliki 12 lini usaha bisnis di berbagai bidang mulai dari fashion, food and beverage, dan entertainment.

Tom Liwafa dan Delta Hesti kini juga mengembangkan bisnis Deliwafa Store yang merupakan bisnis untuk memenuhi segala kebutuhan wanita, dari fashion hingga kosmetik.

Belum lama ini Tom membuka cabang ke berbagai penjuru Jawa Timur seperti Kota Gresik dan Sidoarjo, dan terus bergerak untuk membuka di kota-kota lain di Indonesia.

Baca Juga: Dikenal Tajir Melintir, Ini Profil Maharani Kemala Crazy Rich Bali

Melalui Deliwafa Store dia berharap bisa membantu sesama dengan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat.

“Harapannya, di tengah pandemi yang belum usai, kami bisa tetap membuka ribuan lapangan pekerjaan untuk masyarakat,” ujarnya seperti yang dilansir Bisnis.

Tom Liwafa juga merupakan pemilik bisnis grosir tas dan sepatu merek Handmadeshoesby dan Delvationstory. Tak hanya sebagai pengusaha, Tom Liwafa juga aktif di media sosial dan menunjukkan aksi atau kehidupan pribadinya.

Tahun lalu ia juga sempat viral di medsos karena membeli supercar milik Atta Halilintar, yaitu BMW i8 seharga Rp3 miliar yang dibayar secara tunai.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode