SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com,  JOGJA — Trase tol yang melewati Kulonprogo (Solo-Jogja-Kulonprogo) disediakan tiga pintu gerbang (exit-entry tol). Jalur Solo-Jogja-Bawen-Cilacap menjadi satu kesatuan sistem jalan tol.

Jalur tol yang melintasi Kulonprogo, tersambung dari junction tol Jogja-Bawen di wilayah Seyegan. Jalur tersebut dibangun di sisi Utara rel kereta api, berada di sisi Utara Kota Wates menuju ke pinggiran perbukitan Menoreh.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Dinas PUP-ESDM DIY Hananto mengatakan proses finalisasi untuk jalur tol yang melewati Kulonprogo masuk tahap akhir. Keinginan Pemkab Kulonprogo agar ada tiga exit tol sudah dipenuhi.

“Kami sudah memfasilitasi rencana Pemkab Kulonprogo untuk memindahkan ibukotanya menjadi Wates Baru, dengan exit tol. Jalur (di Kulonprogo) sudah hampir final,” katanya, pekan lalu.

Selain exit tol ke wilayah Kota Wates Baru, dua exit tol yang akan dibangun di Kulonprogo satu pintu gerbang menuju ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sentolo dan lainnya menuju Bandara YIA.

“Untuk pembangunan tolnya berada di sisi Utara jalur rel kereta api, banyak yang elevated, menyambung ke pinggiran kawasan Menoreh menyambung ke jalur Cilacap,” katanya.

Jalur tol yang akan dibangun untuk ruas jalan tol Solo-Jogja-Bawen:

  • Manisrenggo (Klaten), menuju selokan mataram ke Exit Tol-Entry Tol di Maguwoharjo (Lottemart). Melewati Ring Road Utara di sisi Selatan.
  • Menyambung elevated ke Gerbang Tol UPN menyambung ke Gerbang Tol di Monjali, kemudian ke Gerbang Tol Trihanggo (Westlake).
  • Jalur tol Elevated di atas Selokan Mataram ke titik junction tol Seyegan menuju junction tol di Blinggo. Junction Tol seyegan menyambung ke tol Kulonprogo.
  • Jalur tol Kulonprogo, memiliki gerbang tol di Sentolo, Kota Wates Baru, dan sisi barat exit tol menuju Bandara YIA. Jalur ini menyambung menuju jalur tol Cilacap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya