SOLOPOS.COM - Pekerja menggarap pekerjaan pengecoran beton jalan tol Soker di Kemiri, Kebakkramat, Karanganyar, Selasa (21/6/2016). Beton tersebut salah satu yang akan dibongkar setelah masa libur Lebaran 2016. (Kurniawan/JIBI/Solopos)

Tol Solo-Kertosono, kontraktor jalan tol Soker akan membongkar kembali beton dasar jalan.

Solopos.com, KARANGANYAR--Sebagian beton jalan tol Solo-Kertosono (Soker) ruas Desa Kemiri, Kebakkramat, hingga Pungkruk, Sragen, akan dibongkar lagi setelah arus balik Lebaran 2016.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Alasannya, beton tersebut hanya konstruksi sementara guna menyambut kedatangan para pemudik. Penjelasan itu disampaikan Pimpinan Proyek (Pimpro) Pembangunan Jalan Tol Soker dari PT Solo Ngawi Jaya (SNJ), Iwan Rosa Putra, kepada Solopos.com, Rabu (22/6/2016).

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami harap masyarakat memahami, bahwa sebagian beton ini hanya sementara. Perkerasan sebagian jalur khusus untuk menyambut Lebaran saja. Setelah itu dibongkar lagi,” ujar dia. Beton yang akan dibongkar lagi sekitar tiga kilometer dari total panjang 17 kilometer.

Salah satu konstruksi beton dasar yang akan dibongkar yakni di sebelah timur Jembatan Sungai Bengawan Solo. Beton tersebut tidak menggunakan fondasi bebatuan. “Cirinya beton tipis yang tak ada dasar bebatuannya. Total sekitar tiga kilometer,” kata dia.

Pantauan Solopos.com, lokasi itu masih membutuhkan banyak sentuhan konstruksi fisik. Selama ini pekerjaan di titik tersebut tersita untuk pembuatan talut/pagar raksasa. Talut itu untuk penguatan dasar jalan tol lantaran adanya perbedaan ketinggian dengan jembatan.

Konstruksi beton tipis di lokasi itu menggunakan dasar tanah uruk yang dipadatkan. Tapi tidak ada talut penguat urukan tanah itu lantaran yang dibeton baru di jalur utara (menuju Sragen). Pengguna jalan harus ekstra hati-hati melintas di jalur itu.

Pelaksana Proyek Jalan Tol Soker di Kecamatan Kebakkramat, Hardiansyah, saat dihubungi Solopos.com, mengatakan pekerjaan di sisa waktu yang ada berjalan lancar. Pada Kamis (23/6/2016) menjadi hari terakhir pengerjaan fisik sebelum libur Lebaran.

Pantauan Solopos.com, kontraktor juga tengah mengebut pengerjaan interchange atau outer Karanganyar, di Kemiri, Kebakkramat. Jalur interchange tersebut menghubungkan jalan tol Soker dengan Jl. Raya Solo-Sragen kilometer 11, dekat RSU Indo Sehat. Interchange itu diperuntukkan jalur keluar ke wilayah Karanganyar bagi pemudik pengguna jalan tol. Kontraktor tengah menyelesaikan pengecoran beton dari jalur interchange ke jalan tol. Sedangkan jalur keluar di Sragen terletak di daerah Pungkruk, Sidoharjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya