SOLOPOS.COM - Ilustrasi tol (JIBI/Solopos TV)

Tol Solo-Kertosono, pelaksana pembangunan tol mulai membangun interchange di Wonorejo.

Solopos.com, KARANGANYAR — Pembuatan interchange jalan tol Solo-Kertosono (Soker) di Wonorejo, Gondangrejo, Karanganyar, sudah dikerjakan selama sebulan terakhir. Di sisi lain, belum semua lahan untuk interchange tersebut dibebaskan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pengerjaan fisik interchange baru dilakukan di lahan jalur tol yang sudah dibebaskan. Pantauan Solopos.com selama beberapa hari terakhir, alat berat dikerahkan untuk meratakan jalur yang akan dikoneksikan tol dengan jalan Solo-Purwodadi itu.

Lokasi pekerjaan interchange di sisi selatan Perumahan Permata Wonorejo. Kades Wonorejo, Suhud Anshori, ditemui Solopos.com di sela-sela kegiatannya, Minggu (21/5/2017), membenarkan proyek pembuatan interchange Wonorejo sudah dimulai.

“Informasi yang saya peroleh begitu. Sudah ada pekerjaan fisik pembuatan interchange. Tapi karena lahan milik warga masih dalam proses pembebasan, pekerjaan fisik baru dilakukan di bagian dalam pagar jalan tol Soker,” tutur dia.

Suhud menjelaskan lahan yang sedang dalam proses pembebasan untuk pembuatan interchange sekitar 62 bidang. Masing-masing pemilik lahan sudah diajak bicara terkait rencana pembebasan tanah dan semuanya tak keberatan.

Tapi kapan lahan tersebut bisa dibebaskan Suhud tidak tahu pasti. “Sudah cek administrasi lahan, luasan, dan data-data lain. Mudah-mudahan proses selanjutnya bisa berjalan lancar dan tak ada keberatan dari warga,” ujar dia.

Suhud berharap penanggung jawab proyek tol Soker juga membereskan persoalan genangan air di sebelah jalan Solo-Purwodadi. Genangan tersebut muncul diduga karena saluran air yang merupakan bagian proyek tol Soker pampat.

Kondisi itu menurut Suhud membuat warga sekitarnya resah. Genangan air kotor bisa menjadi tempat berkembang biak penyakit. “Genangan ini sudah terjadi sejak lama, tapi tidak kunjung dibereskan,” imbuh dia.

Suhud juga berharap penanggung jawab proyek tol Soker memperbaiki kerusakan jalan cor di utara terowongan Saudan. Menurut dia, kerusakan jalan tersebut beberapa kali membuat pengguna jalan terjatuh karena keblegong.

Terpisah, Wakil Bupati (Wabup) Karanganyar, Rohadi Widodo, menjelaskan keberadaan interchange jalan tol Soker akan berdampak positif terhadap kemajuan kawasan di sekitarnya. Di Karanganyar terdapat empat interchange tol Soker.

Dua interchange berada di Kecamatan Colomadu dan dua interchange masing-masing di Kebakkramat dan Gondangrejo. Keberadaan interchange tersebut mesti ditangkap warga setempat sebagai peluang untuk usaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya