SOLOPOS.COM - Antrean mobil membayar uang jasa penggunaan di ruas jalan tol Bawen-Salatiga menjelang gerbang tol Salatiga, Jateng Selasa (20/6/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Aloysius Jarot Nugroho)

Jalan tol dalam Kota Semarang menggalami penurunan semenjak diberlakukan e-toll card.

Semarangpos.com, SEMARANG – Pengguna ruas jalan tol dalam Kota Semarang mengalami penurunan dalam beberapa bulan terakhir. Penurunan itu terjadi semenjak diberlakukannya kewajiban membayar tol secara nontunai atau dengan menggunakan e-toll card.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Semenjak 15 Oktober 2017, seluruh ruas jalur tol dalam Kota Semarang memang memberlakukan pembayaran dengan menggunakan e-toll card. Kebijakan itu imbas dari program pemerintah yang mencanangkan Gerakan Non Tunai di jalan tol demi mengantisipasi kemacetan.

Ekspedisi Mudik 2024

Kepala Humas Jasa Marga Kota Semarang, Andy Susilo, mengatakan semenjak diberlakukan pembayaran dengan e-toll card, jumlah kendaraan yang masuk tol dalam Kota Semarang mengalami penurunan cukup signifikan. Jika sebelumnya rata-rata kendaraan masuk tol mencapai 150.000 per unit, semenjak diberlakukan e-toll card jumlah kendaraan yang masuk tol Semarang turun menjadi sekitar 135.000 unit per hari.

“Penurunannya cukup signifikan, yakni sekitar 10%. Penurunan terjadi pada kendaraan kelas II ke atas [truk, bus, dan angkutan berat]. Kalau yang kelas I, seperti kendaraan pribadi enggak terlalu signifikan,” beber Andy saat dihubungi Semarangpos.com, Senin (13/11/2017).

Menurunnya jumlah pengguna tol dalam Kota Semarang ini tentunya berimbas pada turunnya ke Jasa Marga Kota Semarang. Oleh karena itu, pihak Jasa Marga Kota Semarang terus berupaya menggelar sosialisasi pada pengguna kendaraan roda empat agar memiliki e-toll card.

“Memang kami akui pemasukan kami dari tol Semarang menurun. Tapi, itu konsekuensi yang harus dijalani demi menyukseskan program Gerakan Non Tunai yang dicanangkan pemerintah,” tegas Andy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya