SOLOPOS.COM - Foto udara suasana Jalan Tol Semarang-Demak Seksi II yang memasuki penyelesaian tahap akhir pembangunan di Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Senin (24/10/2022). (ANTARA FOTO/Aji Styawan/wsj.)

Solopos.com, SEMARANG — Jalan Tol Semarang-Demak Seksi II ruas Sayung-Demak mulai dibuka untuk tahap uji coba sejak Sabtu (12/11/2022) untuk mengurai kemacetan arus lalu lintas di jalur Pantura Jawa Tengah.

Humas PT Pembangunan Perumahan (PT PP), Robby Sumarna, menuturkan uji coba pembukaan Jalan Tol Semarang-Demak tersebut akan berlangsung hingga Jumat (2/12/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tol Semarang-Demak Seksi II sudah mulai dibuka pada Sabtu [12/11/2022], yakni pagi pukul 06.00 WIB-10.00 WIB. Jalur dibuka dari arah Demak menuju Semarang melalui Exit Tol Kadilangu. Pada sore mulai pukul 15.00 WIB-18.00 WIB dibuka dari arah Semarang ke Demak via Exit Tol Sayung,” katanya saat dihubungi melalui telepon, Minggu (13/11/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Ia menyebut uji coba Jalan Tol Semarang-Demak Seksi II ini merupakan arahan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono. “Ini permintaan Bapak Gubernur dan Pak Menteri PUPR,” ujarnya.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, terus berkomunikasi secara intens terkait solusi penguraian kemacetan di Jalur Pantura Jateng akibat pembangunan Jembatan Wonokerto.

Baca Juga : Ganjar: Tol Semarang-Demak Bisa Digunakan saat Nataru

“Ini harapan yang ditunggu-tunggu dari masyarakat di Sayung dan sekitarnya. Jalan Tol Semarang-Demak diharapkan menjadi jalur pengurai kemacetan. Insyaallah akan bermanfaat,” ungkapnya.

Pada saat pengecekan, tepatnya pekan lalu, Ganjar menyebut ruas tol sepanjang 16,31 kilometer itu menyisakan pengerjaan detail, seperti rambu-rambu dan ornamen pada pintu keluar jalan tol.

Proyek pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak memiliki dua seksi yakni Seksi I ruas Kaligawe-Sayung dengan panjang 10,39 kilometer dan Seksi II ruas Sayung-Demak sepanjang 16,31 kilometer.

Baca Juga : Segera Dibuka, Progres Tol Semarang-Demak Sesi 2 Sudah Capai 97,82 Persen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya