SOLOPOS.COM - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. (JIBI/Solopos/Antara/Aji Styawan)

Tol Semarang-Demak dikucuri Kementerian PUPR dengan anggaran Rp9 triliun.

Semarangpos.com, SEMARANG — Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebutkan anggaran yang dialokasikan pemerintah pusat untuk proyek pembangunan jalur tol Semarang-Demak mencapai Rp9 triliun.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Untuk jalan tol Semarang-Demak, ini sekarang mau ditenderkan. Mudah-mudahan tahun ini sudah bisa ditenderkan,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono seusai menghadiri kuliah umum Menteri Keuangan Sri Mulyani di Kampus Universitas Diponegoro, Semarang, Kamis (16/2/2017).

Anggaran Rp9 triliun yang diinvestasikan pemerintah pusat untuk pembangunan jalur tol penghubung Kota Semarang dengan Kabupaten Demak itu bukan hanya mencakup infrastruktur jalan, tetapi juga proyek yang berkaitan. “Itu anggaran Rp9 triliun tidak hanya untuk pembangunan jalan tol, tetapi untuk mengatasi juga rob [limpasan air laut ke daratan] yang terjadi di daerah Sayung, Kabupaten Demak,” kata menteri yang dikenal nyentrik itu.

Mengenai pengerjaan fisik jalur jalan tol Semarang-Demak, Basuki Hadimuljono menegaskan jika pada tahun ini bisa dilakukan lelang sampai pembebasan lahan maka pada 2018 bisa dimulai pengerjaan fisik proyek jalur tol tersebut.

Proyek pembangunan jalan tol Semarang-Demak direncanakan membutuhkan luasan lahan sekitar 1.887.000 meter persegi yang akan dibagi menjadi dua seksi, yakni Seksi I Kota Semarang dan Seksi II Kabupaten Demak.

Di Seksi I Kota Semarang, meliputi Kecamatan Genuk, yang berada di sejumlah kelurahan, seperti Kelurahan Trimulyo, Terboyo Wetan, dan Terboyo Kulon. Sementara untuk Seksi II Kabupaten Demak akan melintasi empat kecamatan, yakni Kecamatan Sayung, Karangtengah, Wonosalam, dan Demak Kota dengan total panjang jalan tol diperkirakan mencapai 24 km.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya