SOLOPOS.COM - Mobil-mobil baru diparkir di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Jawa Timur kembali mencatatkan diri sebagai provinsi dengan pertumbuhan ekonomi terbaik di Indonesia, khususnya di kawasan Jawa dan Sumatra. (JIBI/Bisnis Indonesia/Wahyu Darmawan)

Tol laut Jokowi bukan hanya menyasar pembangunan pelabuhan barang. Sejumlah pelabuhan penumpang kini juga menjadi perhatian.

Solopos.com, SURABAYA — Presiden Joko Widodo ingin menjadikan terminal Gapura Surya Nusantara di Surabaya sebagai pelabuhan penumpang percontohan untuk pembenahan di daerah-daerah lain.

Promosi BRI Optimistis Bisnis Remitansi Tumbuh 25% Selama Ramadan dan Lebaran 2024

“Ke depan, harus ada standar-standar pelayanan yang jelas. Dan standar di [Pelabuhan] Tanjung Perak ini saya kira akan saya pakai untuk semua pelabuhan, ada garbaratanya, ruang tunggunya bagus, pelayanan di bawah untuk ticketing juga kelihatan,” katanya dalam kunjungan, Sabtu (10/1/2015).

Ekspedisi Mudik 2024

Dia mengungkapkan standar pembangunan terminal pelabuhan pennumpang seperti di Surabaya nantinya akan diterapkan di pelabuhan Merak, Makassar, Belawan, dan berbagai kota lain yang akan segera dibangun.

“Di Makassar sedang kami kerjakan, lalu di Banjarmasin. Untuk dermaga-dermaga besar, di Merak yang paling mendesak, karena secara traffic sudah besar sekali. Di Belawan juga,” imbuhnya.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo menambahkan pemerintah provinsi juga telah menggarap pelabuhan penumpang berstandar prima untuk kapasitas yang lebih kecil, seperti di Paciran. “Kami bangun 5.000 DWT di Paciran, sudah jalan dua tahun.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya