SOLOPOS.COM - Ilustrasi proyek pembangunan jalan (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Solopos.com, JOGJA — Jalan Tol Jogja-Solo Seksi 2 yang membentang sepanjang Purwomartani-Gamping di Sleman akan dilengkapi empat akses keluar masuk atau on ramp dan off ramp. Berikut empat lokasi on/off ramp yang tersebar di sejumlah titik di Tol Jogja-Solo seksi kedua yang akan memungkinkan pengendara terhubung langsung dengan ringroad timur, Jalan Solo, dan Jalan Tajem di Purwomartani, Sleman.

Berdasarkan peta trase Tol Jogja-Solo yang diperoleh Solopos.com, setidaknya ada empat akses keluar masuk jalan tol yang berada di sepanjang ringroad utara, Depok, Sleman. Terdiri atas, pertama on/off ramp di kawasan Maguwoharjo yang berdasarkan peta tampak titiknya berada di sebelah utara ringroad tepatnya di Kawasan Sanggrahan sebelah barat SMK 1 N Depok. Akses ini sangat memungkinkan untuk terhubung langsung dengan ringroad timur, Jalan Solo dan Jalan Tajem.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kedua, on/off ramp UPN, berdasarkan titik petanya berada di sebelah utara ringroad atau sebelah barat Jalan Nusa Indah. Akses keluar masuk tol ini nantinya akan terkoneksi dengan ringroad dan Jalan Nusa Indah.

Ekspedisi Mudik 2024

Ketiga on/off ramp Monjali yang berada di sebelah utara ringroad. Adapun titiknya kemungkinan berada di tengah-tengah antara Jalan Palagan dan Jalan Kaliurang. Akses ini secara otomatis akan terkoneksi dengan ringroad serta kedua jalan tersebut. Jika tol sudah beroperasi, wisatawan dari luar DIY yang lewat tol dan akan menuju ke Kawasan wisata Kaliurang bisa langsung melewati jalur ini.

Keempat on/off ramp Trihanggo yang berada di simpang empat Trihanggo. Titiknya berada di sebelah utara rongroad. Akses ini selain terkoneksi langsung dengan road, juga terhubung dengan Jalan Kabupaten. Titik on off ini berada di sebelah timur Junction Sleman yang merupakan titik persimpangan antara tol Jogja-Bawen, Jogja-Solo dan Jogja-YIA.

Keempat on/off ramp ini dikenal dengan istilah tol dalam kota karena di kawasan perkotaan Sleman dan Kota Jogja. Rencana pembangunannya menggunakan konstruksi melayang di atas ringroad. “Untuk basic desainnya iya [elevated dari Maguwo sampai Trihanggo], jadi basic desain itu rencana awal. Nanti bisa berubah lagi karena berbagai faktor, misalnya kondisi tanah atau perhitungan teknis lainnya,” kata pegawai Humas PTT JMM, Ahmad Izzy, belum lama ini.

Adapun terkait rencana pembangunan tol dalam kota atau dari Maguwoharjo sampai Trihanggo ini akan direncanakan paling akhir, setelah Jogja-Solo sampai Purwomartani, Jogja-YIA dan Jogja-Bawen rampung konstruksinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya