SOLOPOS.COM - Direktur Lalu Lintas Angkutan Laut Kementerian Perhubungan Hendri Ginting (tengah) berbincang bersama Vice President PT PELNI Ridwan Mandaliko (kanan) dan Kepala KSOP Kelas II Patimban Yan Prastomo Ardi (kiri) saat proses bongkar muat barang di KM Logistik Nusantara 4 dari Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Rabu (14/9/2022). Pemuatan Perdana Tol Laut Pelni dari Pelabuhan Patimban diharapkan dapat merangsang pelaku usaha dan pemilik barang kebutuhan pokok untuk membuka pasar baru di luar wilayah Jawa dengan trayek menuju wilayah Indonesia Bagian Barat. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/foc.

Solopos.com, BEKASI–Jalan Tol Cibitung-Cilincing Seksi 2-3 yang telah diresmikan, Selasa (20/9/2022), akan menjadi tulang punggung yang akan menyambungkan kawasan industri di timur Jakarta dengan Pelabuhan Tanjung Priok. Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit mengatakan hampir 70% kawasan industri berlokasi di bagian timur Jakarta membuat kehadiran ruas tersebut menjadi sangat penting.

“Ruas ini menjadi ruas yang penting karena dia mengakomodasi kawasan-kawasan penting industri yang berada di wilayah Jabodetabek bagian barat,” ujarnya di Bekasi, Selasa (20/9/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jalan Tol Cibitung-Cilincing yang melintas pada wilayah Kabupaten Bekasi di Jawa Barat dan Provinsi DKI Jakarta terbagi menjadi empat seksi dengan total panjang keseluruhan mencapai 34,77 km. Pada 2021 Jalan Tol Cibitung – Cilincing Seksi 1 ruas SS Cibitung–Telaga Asih sepanjang 2,6 Km sudah resmi dioperasikan.

Baca Juga Jokowi Segera Resmikan 3 Ruas Jalan Tol Ini

Dengan diresmikannya Seksi 2 ruas Telaga Asih – Muara Bakti sepanjang 10,3 km dan Seksi 3 ruas Muara Bakti – Kanal Banjir Timur seoanjang 14,35 km maka Jalan Tol Cibitung-Cilincing hanya menyisakan Seksi 4 ruas Tarumajaya-Cilincing sepanjang 7,52 km.

Danang mengungkapkan pada ruas tersebut nantinya akan dibangun area untuk tempat peristirahatan dan aktivitas bongkar muat kendaraan barang di atas lahan seluas 40 hektare. “Yang akan masuk ke Tanjung Priok dan selanjutnya bisa mengurangi waktu bongkar muat yang ada di Tanjung Priok. Ciri khas ini lah yang menjadikan ruas Cibitung-Cilincing ini menjadi ruas yang penting dari keseluruhan ruas Jakarta Outer Ring Road 2,” jelasnya.

Semantara itu, Direktur Utama Pelindo II Arif Suhartono mengatakan keterlibatan perusahaan pelat merah itu dalam proyek pembangunan Jalan Tol Cibitung-Cilincing guna memastikan daerah industri dengan pelabuhan terhubung. Di samping itu, Arif menjelaskan masuknya Pelindo dalam konsesi itu sekaligus memastikan pembangunannya berjalan tepat waktu.

“Kargo dari pelabuhan Tanjung Priuk, khususnya kontainer itu lebih dari 60% dari timur jadi bagaimana ke tempat kargo itu sangat penting dan ini adalah menjadi langsung masuk ke pelabuhan dari timur jadi lebih bagus,” ungkapnya.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Baru Diresmikan, Tol Cibitung-Cilincing Koneksikan Kawasan Industri dan Pelabuhan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya