SOLOPOS.COM - Bareskrim Polri saat menggelar konferensi pers terkait kejahatan hate speech, Rabu (23/8/2017). (Juli Etha/JIBI/Bisnis)

Polisi segera memeriksa tokoh-tokoh tenar yang diduga terkait Saracen.

Solopos.com, JAKARTA — Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan penyidik Bareskrim segera memanggil beberapa tokoh yang dikenal publik yang diduga terkait dengan aliran dana yang masuk ke kelompok Saracen.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pastinya segera [dipanggil] karena itu juga jadi atensi pimpinan,” kata Irjen Setyo di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (3/10/2017).

Nama sejumlah tokoh itu terkuak dari laporan hasil analisis (LHA) 14 rekening milik para tersangka kelompok Saracen. Kendati demikian, Irjen Setyo masih enggan mengungkap identitas beberapa tokoh tersebut.

Dia pun belum bisa memastikan orang-orang tersebut memberikan dana ke kelompok Saracen untuk pemesanan ujaran kebencian maupun berita bohong atau untuk tujuan lainnya. “Belum tahu pasti perannya. Maka harus [diperiksa untuk] diklarifikasi,” katanya.

Dalam kasus penyebaran ujaran kebencian dan berita bohong di jejaring sosial Facebook, Saracen, polisi telah menangkap empat tersangka, yakni Jasriadi (Jas), Muhammad Faizal Tonong (MFT), Sri Rahayu Ningsih (SRN), dan Muhammad Abdullah Harsono (MAH). Mereka adalah pengelola Saracen.

Selain itu, penyidik Bareskrim juga menangkap seorang perempuan bernama Asma Dewi yang diduga terkait dengan Saracen. Asma Dewi ditangkap lantaran diduga mentransfer dana Rp75 juta ke anggota Saracen.

Grup Saracen diketahui membuat sejumlah akun Facebook, di antaranya Saracen News, Saracen Cyber Team, dan Saracennewscom. Kelompok Saracen diduga kerap menawarkan jasa untuk menyebarkan ujaran kebencian bernuansa SARA di media sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya