SOLOPOS.COM - Kampus UNS Solo. (Istimewa/Humas UNS Solo)

Solopos.com, SOLO — Proses pemilihan calon Rektor UNS Solo periode 2023-2028 mendapat tanggapan dari tokoh masyarakat Kota Solo, BRM Kusumo Putro. Laki-laki yang berprofesi sebagai advokat atau pengacara itu memberikan sejumlah catatan dalam tahapan pemilihan figur calon pemimpin perguruan tinggi negeri itu.

Dia memberikan perhatian terhadap proses tersebut karena figur Rektor dinilai penting dalam menyiapkan kaderisasi mahasiswa UNS sebagai calon pemimpin bangsa di masa depan. Menurut Kusumo, UNS menghadapi tantangan berat karena masuk jajaran kampus terbaik merujuk The Asia University Rangkings 2022.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Rektor terpilih UNS harus menjadi pelopor dalam membentengi kampus dari pengaruh radikalisme dan intoleransi, dengan menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan kebangsaan,” ujarnya, Senin(24/10/2022).

Nilai-nilai itu yakni rasa cinta Tanah Air dan bangsa yang berasaskan Pancasila dan UUD 1945. Nilai-nilai tersebut penting bagi seluruh mahasiswa mengingat pengaruh paham ideologi radikal semakin merisaukan karena gerakan militan marak berkembang di kalangan mahasiswa.

Kusumo melihat Majelis Wali Amanat (MWA) punya peran krusial dalam pemilihan calon Rektor UNS Solo. Di tangan mereka, lanjutnya, masa depan UNS akan ditentukan.

Baca Juga: Pemilihan Calon Rektor UNS Solo: Warga Bisa Beri Masukan

“Semoga MWA dapat lebih cermat dalam menentukan pilihan dengan melihat rekam jejak para calon Rektor, dan bukan karena kedekatan dan pertemanan. Jadikan UNS pelopor dan benteng Pancasila dan tempat menggembleng penerus generasi bangsa,” katanya.

3 Calon Rektor UNS Solo

Kusumo juga berharap pemilihan calon Rektor UNS Solo dapat berlangsung secara jujur, adil, dan demokratis, sesuai Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 19 Tahun 2017, dan Nomor 21 Tahun 2018. Dengan pemilihan rektor yang jujur, adil dan demokratis diharapkan melahirkan pemimpin yang tepat bagi UNS.

“Terseleksinya sosok pemimpin yang merepresentasikan UNS sesuai visi dan misi. Rektor terpilih diharapkan berjiwa kepemimpinan tinggi, berkemampuan akademis teruji dan terbaik, serta punya kemampuan manajerial tangguh, untuk membawa UNS jadi entitas lembaga pendidikan yang bisa menciptakan generasi terbaik,” terangnya.

Baca Juga: Membedah Visi Misi 3 Calon Rektor UNS Solo: Tantangan hingga Cita-Cita Mendunia

Lebih jauh, Kusumo mengapresiasi adanya figur perempuan di antara tiga calon Rektor UNS Solo untuk masa bakti 2023-2028. Seperti diketahui, saat ini sudah tersaring tiga figur calon Rektor UNS Solo .

Mereka Prof Dr Hartono, dr MSi; Prof Dr I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani, SH, MM, serta Prof Dr rer nat Sajidan, MSi. Hal itu menurut dia menunjukkan proses pemilihan berjalan sesuai asas demokrasi, sekaligus membuktikan emansipasi wanita. UNS Solo membuktikan kaum perempuan memiliki hak yang sama untuk dicalonkan dan dipilih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya