SOLOPOS.COM - Jokowi, Prabowo, dan Anies Baswedan saat pelantikan Anies menjadi Gubernur DKI Jakarta. (Pool/Biro Setpres)

Solopos.com, JAKARTA—Lembaga survei Indikator Publik Nasional (IPN) mengumumkan hasil survei nasional tentang tokoh-tokoh yang paling disukai dan paling terkenal di mata publik. Hasil tiga besar survei IPN sesuai urutan adalah Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Basuki T Purnama atau Ahok.

Ketiga orang itu, sebagaimana dikatakan peneliti senior IPN, Ike Sihotang, dalam pernyataan diterima di Jakarta, Rabu (27/4/2022), memiliki persentase yang sangat beragam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Prabowo Subianto menjadi sosok yang paling terkenal dan paling disukai oleh publik. Popularitas Prabowo Subianto berada di 91,3 persen dengan tingkat kesukaan 77,2 persen,” kata dia.

Baca Juga: Puan Maharani ke Kader PDIP Wonogiri: Jangan Terpengaruh Survei!

Anies Baswedan mendapat 81,1 persen dan kesukaan 57,7 persen sementara Ahok meraih popularitas 80,0 persen dan tingkat kesukaan hanya 24,3 persen.

“Prabowo berhasil menunjukkan sikap-sikap politiknya dengan sempurna dan menjaga keseimbangan terhadap isu-isu utama yang menjadi perhatian publik,” ujar Sihotang seperti dikutip dari Antara.

IPN menggelar survei sosok pemimpin di mata publik jelang Pemilu 2024. Survei diselenggarakan dalam rentang waktu 17-27 Maret 2022 dengan melibatkan 1.200 responden di 34 provinsi di Indonesia.

Baca Juga: Survei Indikator: Kepuasan Kinerja Presiden Jokowi Menurun Drastis

Survei menggunakan metodologi multistage random sampling dengan margin of error 2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Nama berikut setelah ketiga orang di atas adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dengan popularitas 90,5 persen dan tingkat kesukaan 69,9 persen.

Selanjutnya Ketua DPR Puan Maharani dengan popularitas 77,8 persen dan tingkat kesukaan 30,6 persen, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dengan popularitas 76,2 persen dan tingkat kesukaan 34,4 persen.

Baca Juga: Survei Populi Center: Elektabilitas Prabowo dan Ganjar Imbang

Masih ada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dengan tingkat popularitas 75,0 persen dan tingkat kesukaan 31,9 persen, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mohammad Mahfud Md yang memiliki popularitas 73,3 persen dan tingkat kesukaan 32,2 persen.

Terdapat pula Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dengan popularitas 73,9 persen dan tingkat kesukaan 50,7 persen. Serta Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dengan popularitas 70,7 persen dan tingkat kesukaan 50,1 persen.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya