SOLOPOS.COM - Pengendara melintas di depan toko yang bercat merah di kawasan Malioboro, Kamis (7/4/2022). - Istimewa

Solopos.com, JOGJA — Satu bangunan toko di kawasan Malioboro, Jogja, dicat warna merah. Pengelola toko tersebut langsung diminta untuk mengembalikan warna bangunan seperti kesepakatan awal yakni berwarna putih.

Pengecatatan toko menjadi warna merah karena kesalahpahaman dari pengelola toko tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Balai Pengelolaan Kawasan Sumbu Filosofis DI Yogyakarta, Dwi Agung Hernanto, mengatakan telah mengetahui sebuah toko yang dicat merah di kawasan Malioboro itu. Dia telah berkoordinasi dan mengimbau pengelola toko agar segera mengecat ulang tokonya.

Baca Juga: Kenapa Candi Prambanan Masuk Wilayah Yogyakarta? Ini Penjelasannya

“Kalau dilihat di dokumentasi lama kawasan Malioboro dari dulu cat bangunannya memang warna putih,” kata Agung, Kamis (7/4/2022).

Dia menyebut Pokja Kawasan Sumbu Filosofis juga telah mendiskusikan temuan itu dan menyebut cat berwarna merah semata-mata hanya kesalahan informasi dari pengelola yang berstatus sebagai penyewa toko. Penyewa juga tidak tergabung dengan paguyuban toko di Malioboro sehingga belum mengetahui informasi bahwa bangunan harus dicat berwarna putih.

“Yang mengecat merah tidak tahu kesepakatan Pemda DIY dan Kota Jogja dengan paguyuban toko kalau fasad depan ruko harus dicat putih, karena dia hanya sewa. Sekarang baru dikomunikasikan kepada yang bersangkutan untuk mengubah warna cat,” ungkap dia.

Baca Juga: Sesepuh Geng Legendaris Joxzin Nilai Aksi Klitih Sangat Meresahkan

Koordinator Perkumpulan Pengusaha Malioboro dan A Yani (PPMAY) Karyanto Purbohusodo mengatakan toko yang bercat merah itu merupakan toko Matahari. Sejak manajemen toko itu memutuskan tutup pada tahun lalu, otomatis tidak lagi menjadi anggota paguyuban dan sekarang dikelola oleh orang baru.

“Disewa tiga bulan dan sudah ditegur oleh Dinas Kebudayaan DIY,” kata dia.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Toko Bercat Merah di Malioboro Diminta Ubah Cat Menjadi Putih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya