SOLOPOS.COM - Kades Kurung, Mujiyoto

Solopos.com, KLATEN — Tahapan pengisian perangkat desa (perdes) di Desa Kurung, Kecamatan Ceper, Klaten berlanjut. Sebelumnya, pengisian perangkat desa di Kurung terancam tak bisa berlanjut menyusul ada kekosongan jabatan kepala desa (Kades) setelah kades definitif, Mujiyoto, meninggal dunia.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Klaten, Jaka Purwanto, mengatakan pertimbangan Pemkab melanjutkan tahapan pengisian perangkat desa di Kurung lantaran posisi kades kosong di tengah tahapan penjaringan perangkat desa berlangsung.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Sudah kami analisis dari sisi hukum, tetap lanjut. Pertimbangannya karena ini sudah on proses,” kata Jaka saat ditemui di Desa Gaden, Kecamatan Trucuk, Kamis (11/8/2022).

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jajang Prihono, mengatakan tahapan pengisian perangkat desa di Kurung sudah berjalan. Sudah ada penetapan tim pencalonan pengangkatan perangkat desa (TP3D) melalui Surat Keputusan (SK) Kades serta sudah memasuki tahapan pendaftaran bakal calon perangkat desa. Di tengah proses penjaringan, Kades definitif meninggal dunia.

“Pengisian [perangkat desa] tetap jalan karena berkaitan dengan nasibnya banyak orang,” kata Jajang.

Baca Juga: Pengisian Perdes di Kurung Klaten Berpotensi Berhenti di Tengah Jalan

Disinggung proses seleksi bakal melibatkan Kades pada tes asessment sosial kultural, Jajang menjelaskan proses tes sepenuhnya diambil alih perguruan tinggi.

“Sudah kami koordinasikan dengan perguruan tinggi sebisa mungkin diambil alih perguruan tinggi. Tujuannya biar transparan,” kata dia.

Sebagai informasi, pada seleksi pengisian perangkat desa, TP3D bekerja sama dengan perguruan tinggi menyelenggarakan tes. Tes digelar selama dua hari, yakni Selasa-Rabu (23-24/8/2022).

Tes hari pertama yakni tes asessment sosial kultural. Pada tes tersebut, tim asessment terdiri dari dua orang, yakni kades dan satu orang dari perguruan tinggi. Hari berikutnya, seleksi akademik berupa ujian tertulis dan praktik komputer digelar perguruan tinggi yang menjadi mitra kerja sama TP3D.

Baca Juga: Pendaftar Membeludak, Biaya Pengisian Perdes di Klaten Membengkak

Jabatan Kades Kurung kosong setelah Kades definitif meninggal dunia, Sabtu (6/8/2022) malam. Sementara, Kurung menjadi salah satu dari 260-an desa di Klaten yang menggelar pengisian perangkat desa secara serentak.

Ada dua lowongan perangkat desa di Kurung untuk jabatan Kaur Umum dan Perencanaan serta Kasi Pemerintahan. Tahapan pendaftaran sudah dilewati pada Kamis-Jumat (4-5/8/2022). Jumlah total pendaftar untuk dua lowongan perangkat desa di Kurung mencapai 41 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya