SOLOPOS.COM - Ilustrasi SPBU. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Toilet di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) merupakan bagian dari pelayanan SPBU kepada konsumen. Oleh karena itu, pengelola SPBU akan turut menjaga kebersihan toilet guna memberikan kenyamanan pada konsumen SPBU.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum DPP Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Rachmad Muhammadiyah merespons pernyataan Menteri BUMN Erick Thohir yang menginginkan fasilitas toilet di SPBU Pertamina bisa diakses secara gratis oleh seluruh masyarakat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Terkait arahan Bapak Menteri BUMN, saat ini kami berkoordinasi dengan para pengusaha SPBU dan juga dengan Pertamina, agar semua fasilitas toilet di SPBU bisa gratis untuk konsumen SPBU,” ujarnya melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (24/11/2021).

Baca juga: Erick Thohir Minta Toilet SPBU Gratis, Ini Respons Pertamina

Rachmad mengakui saat ini toilet di SPBU memang ada yang berbayar, tetapi banyak juga yang tidak berbayar atau sukarela. Dana yang terkumpul, ungkap dia, biasanya digunakan untuk membayar petugas kebersihan yang menjaga fasilitas toilet tersebut. Menurut dia, jika toilet di SPBU tidak dijaga secara khusus oleh petugas kebersihan, seringkali terjadi kehilangan peralatan di toilet misalkan gayung, keset, tempat sampah, bahkan lampu.

Mengutamakan Soal Pelayanan

Pada bagian lain, pelaku usaha SPBU swasta asal Aceh, Nahrawi, menambahkan aturan soal pelayanan kepada masyarakat bagi pengusaha mitra Pertamina, termasuk pengusaha SPBU sangat baik dan ketat.Tid ak hanya soal pelayanan dalam pengisian bahan bakar minyak (BBM), namun juga pelayanan lain, mulai penyediaan tempat ibadah yang bersih dan memadai hingga pemenuhan kebutuhan toilet dan sarana kebersihan.

Aturan soal pelayanan tersebut, menurut dia, sangat baik dan ketat karena sejak awal, Pertamina sudah menekankan agar para mitra harus mengutamakan soal pelayanan. “Pertamina sudah sangat bagus membuat aturan. Kami sendiri sebagai pengusaha, siap dan patuh terhadap aturan tersebut. Kalau tidak mau mengikuti aturan, jangan jadi mitra Pertamina,” katanya.

Baca juga: Toilet Trending Topic di Twitter Gara-Gara Erick Thohir

Sebelumnya diberitakan, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan fasilitas penunjang berupa toilet umum di SPBU Pertamina semestinya bisa diakses secara gratis oleh seluruh masyarakat. Hal itu disampaikan saat mendapati adanya pungutan biaya Rp2.000 hingga Rp4.000 di toilet SPBU di Kecamatan Malasan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

“Kepada direksi Pertamina, saya mengharapkan fasilitas umum seperti ini harusnya gratis, karena kan sudah dapat (keuntungan) dari penjualan bensin, selain itu ada juga toko kelontongnya. Jadi masyarakat mestinya mendapatkan fasilitas tambahan,” ujar Erick Thohir seperti dikutip dari akun Instagram resminya @erickthohir, Selasa (23/11/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya