SOLOPOS.COM - Pelaksanaan serbuan vaksinasi Covid-19 di LP Kelas II B Klaten, Jumat (30/7/2021). (Solopos-Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN — Kodim 0723/Klaten melakukan serbuan vaksinasi Covid-19 di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II B Klaten, Jumat (30/7/2021). Di kesempatan itu, sebanyak 138 dari 296 warga binaan mengikuti vaksinasi Covid-19.

Vaksinasi dimulai dengan pendaftaran ulang masing-masing warga binaan pukul 09.00 WIB. Di meja daftar ulang, setiap warga binaan dicek identitas diri. Selanjutnya, warga binaan dipersilakan mengikuti tahapan screening, suntik vaksin Covid-19, dan tahapan observasi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sepanjang tak ada keluhan selama observasi, masing-masing warga binaan dipersilakan kembali ke kamarnya masing-masing.

Baca juga: Klaten Dapat 10.000 Dosis Vaksin Covid-19 dari Menko Perekonomian

“Jumlah [warga binaan] yang disuntik vaksinasi Covid-19 hari ini terdiri dari 138 warga binaan dan 50 pegawai. Jadi, total 188 orang. Ini vaksinasi kali pertama. Memang, tingkat kerawanan warga binaan terpapar Covid-19 tinggi. Saat tidur otomatis kan berdekatan. Harapannya, melalui vaksinasi ini muncul ketahanan kelompok. Jumlah penghuni di sini ada 296 orang,” kata Kepala LP Kelas II B Klaten,” Ahmad Fauzi, saat ditemui wartawan di LP setempat, Jumat (30/7/2021).

Kekebalan Tubuh Saat Pandemi

Dandim 0723/Klaten, Letkol (Inf) Joni Eko Prasetyo, mengatakan sebanyak 138 warga binaan yang divaksin memiliki nomor induk kependudukan (NIK). Sisanya, diusahakan akan divaksinasi di tahap berikutnya.

“Ini bagian dari serbuan vaksinasi yang dilakukan TNI/Polri. Yang belum divaksinasi tentunya menyusul,” katanya.

Baca juga: Cerita Unik Napi di Klaten, Bertato Tapi Takut Disuntik Vaksin

Hal senada dijelaskan Kepala Klinik Pratama 0723/Klaten, Gunawan Cahyo Wibisono. Vaksinasi yang dilakukan di LP Kelas II B Klaten merupakan aksi jemput bola guna mencegah persebaran Covid-19 di lingkup LP.

“Tahapan vaksinasi Covid-19 sama dengan lainnya. Mereka didata, dilakukan screening, divaksinasi, dan diobservasi selama 15 menit. Ini untuk mendukung kekebalan tubuh di tengah pandemi Covid-19,” katanya.

Gunawan mengatakan selama ini jajaran Kodim 0723/Klaten sudah melakukan vaksinasi Covid-19 ke 12.000-an orang. Selain di LP Kelas II B Klaten, vaksinasi juga dilakukan di Klinik Pratama 0723/Klaten, dan Gedung Sunan Pandanaran Klaten.

“Pendataan warga yang divaksinasi, biasanga kami memaksimalkan babinsa yang ada di lapangan. Dengan cara jemput bola seperti yang di LP Kelas II B Klaten ini, harapannya vaksinasi dapat menyasar ke seluruh elemen masyarakat,” katanya.

Baca juga: Terus Bertambah, Kasus Kematian karena Covid-19 di Klaten Tembus 2.049 Orang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya