TNI dan Polri Galakkan Vaksinasi Covid-19, Tracking, dan Testing di Boyolali

Saat ini TNI dan Polri terus berupaya melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat di Boyolali dan ada dua strategi yang dijalankan saat ini.
TNI dan Polri Galakkan Vaksinasi Covid-19, Tracking, dan Testing di Boyolali
SOLOPOS.COM - Warga mengikuti vaksinasi di Asrama Haji Donohudan Boyolali yang difasilitasi TNI dan Polri, Minggu (25/7/2021). (Solopos-Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, BOYOLALI — TNI dan Polri terus berupaya membantu dalam penanganan Covid-19 di Boyolali saalh satunya dengan mengencarkan vaksinasi. Selain itu, TNI dan Polri juga akan berperan dalam pelaksanaan tracking dan testing di lapangan.

Kapolres Boyolali, AKBP Morry Ermond, mengatakan saat ini TNI dan Polri terus berupaya melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat di Boyolali. Ada dua strategi yang dijalankan saat ini.

“Pertama melalui program Serbuan Vaksin dengan TNI. Program itu dilaksanakan dengan skala besar. Bila ada stok vaksin di TNI atau Polri yang harus dihabiskan dalam satu waktu, kami keroyok sama-sama. Kedua, kami sudah mendapat arahan Kapolri untuk pembuatan Gerai Vaksin,” kata dia, Senin (26/7/2021).

Baca juga: Vaksinasi 36.000 Siswa SD dan SMP di Boyolali Dimulai

Dia menjelaskan lokasi Gerai Vaksin tersebut berada di samping kantor Satlantas Polres Boyolali. Gerai vaksin disediakan bagi masyarakat umum yang ingin melaksanakan vaksinasi dengan membawa syarat berupa kartu tanda penduduk (KTP).

Selain vaksinasi, TNI Polri juga akan membantu dalam pelaksanaan testing dan tracking.

“Saat kunjungan Panglima TNI ke Asrama Haji Donohudan, kemarin, sudah mengarahkan kepada jajaran TNI dan Polri khususnya babinsa dan bhabinkamtibmas untuk melaksanakan tracking. Untuk kegiatan tracing memang alat pendukungnya adalah antigen dan PCR. Prosedurnya sudah diarahkan,” lanjut dia.

Baca juga: Boyolali Zona Kuning, Jumlah Pasien Covid-19 Di Bangsal RS Menurun

Selanjutnya dari Polres Boyolali dan Kodim Boyolali akan membuatkan panduan khusus untuk babinsa dan bhabinkamtibmas dalam pelaksanaan tracking tersebut.

Selain secara manual, tracking juga dapat dilakukan secara online melalui aplikasi Silacak. Bisa juga dengan video call menggunakan HP.

“Kami minta bantuan kepada masyarakat untuk bisa menerima dan mau dilaksanakan tracking. Jangan sampai muncul isu yang sering didengar yakni merasa dicovidkan dan sebagainya. Ini bukan untuk mencari-cari atau mencovidkan,” jelas dia.

Menyasar Berbagai Kalangan

Diketahui beberapa hari lalu telah dilakukan vaksinasi di Asrama Haji Donohudan yang difasilitasi TNI dan Polri. Dari Kodim Boyolali belum lama ini juga menggelar vaksinasi yang menyasar kalangan remaja di Pondok Pesantren Al Huda.

Dandim 0724/Boyolali, Letkol Arm. Ronald F. Siwabessy, mengatakan kegiatan yang digelar di Ponpes Al Huda tersebut merupakan bagian dari program Serbuan Vaksin yang dilaksanakan TNI sinergi dengan Polri.

Baca juga: Masih Ada 2 Titik Penyekatan di Boyolali, Ini Lokasinya

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyampaikan sesuai instruksi Presiden, kegiatan tracking dan testing akan ditingkatkan secara masif.

“Nantinya akan dimulai di tujuh wilayah aglomerasi yang ada di Jawa Bali. Kegiatan tersebut akan dikoordinir oleh TNI bersama Polri serta Puskesmas di masing-masing wilayah,” kata dia, Minggu (25/7/2021).

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago