SOLOPOS.COM - Wakil Bupati (wabup) Wonogiri, Setyo Sukarno (dua dari kanan), tengah meninjau lokasi program TMMD Sengkuyung tahap III 2022 di Desa Basuhan, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri, Selasa (11/10/2022). (Istimewa/Kodim 0728 Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI — Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III 2022 dilaksanakan di Dusun Dayakan, Desa Basuhan, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri, Selasa (11/10/2022)-Sabtu (12/11/2022). TMMD akan membangun jalan rabat beton yang menghubungkan Desa Basuhan dengan Desa Wonodadi, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri.

Komandan Kodim 0728/Wonogiri, Letkol (Inf) Deny Okravianto, melalui Pasiter Kapten (Inf) Eko Budi Santoso, mengatakan pemilihan Desa Basuhan sebagai tempat dilaksanakan TMMD lantaran desa tersebut dinilai paling membutuhkan untuk segera dibangun jalan dibandingkan desa lain. Jalan yang dibangun tersebut digunakan sebagai jalan usaha tani sekaligus menghubungkan dengan kecamatan lain.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ada beberapa desa yang mengajukan dijadikan tempat dilaksanakan program TMMD sengkuyung tahap dua ini. Tapi Desa Basuhan ini yang paling layak untuk segera dibangun jalan. Sebenarnya sudah ada jalannya tapi masih berupa jalan tanah dan tidak terawat. Makanya TMMD kali ini dilaksanakan di sana,” kata Pasiter Kapten (Inf) Eko kepada Solopos.com melalui sambungan telepon, Selasa (11/10/2022).

Program tersebut menelan anggaran senilai Rp397,9 juta. Anggaran itu bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Tengah senilai Rp165 juta, APBD Kabupaten Wonogiri senilai Rp200 juta, dan swadaya masyarakat senilai Rp32,9 juta.

Nilai anggaran itu digunakan membangun jalan rabat sepanjang 891 meter dengan lebar 3 meter dan tebal 0,12 meter. Pembangunan ini ditargetkan selesai dalam waktu satu bulan ke depan.

Baca Juga: Hore! Kodim Wonogiri akan Bangun Pompa Hidram di 3 Kecamatan Ini

“TMMD ini diharapkan mampu menciptakan sarana transportasi yang layak bagi masyarakat antardesa di Kecamatan Eromoko dan Pracimantoro sehingga dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar,” ujar dia.

Dia melanjutkan, Program TMMD ini turut membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri dalam membangun infrastruktur desa. Selain itu, diharapkan dapat membantu menanggulangi kemiskinan di pedesaan.

Camat Eromoko, Danang Erwanto, menyampaikan Desa Busahan pantas dijadikan tempat terselenggaranya TMMD sengkuyung tahap III 2022 karena jalan di desa tersebut merupakan jalur penting menghubungkan dua desa di dua kecamatan.

Selain sebagai jalan usaha tani, jalan di Desa Busahan dapat mempermudah transportasi warga ke pusat perbelanjaan dan pendidikan.

Baca Juga: Fun Bike HUT ke-76 Bhayangkara Polres Wonogiri Tempuh Jarak 10 Km

“Pada prinsipnya, jalan itu sangat strategis, yaitu jalan usaha tani, pendidikan, dan perekonomian secara umum. Masyarakat sangat antusias dengan adanya program itu,” kata Danang.

Upacara pembukaan TMMD Sengkuyung tahap III 2022 digelar di Lapangan Desa Basuhan, Selasa. Hadir dalam kesempatan itu Wakil Bupati (Wabup) Wonogiri, Setyo Sukarno; Kepala Dandim 0728/Wonogiri Letkol (Inf) Deny Octivanto beserta jajaran; Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Wonogiri, Antonius Purnama Adi; dan segenap pimpinan organisasi perangkat daerah beserta jajaran Forkopimcam Eromoko. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya