SOLOPOS.COM - Prosesi simbolis penyerahan alat-alat TMMD Sengkuyung Tahap III berlokasi di Lapangan Desa Jati, Kecamatan Baki, Sukoharjo, Rabu (9/11/2022). (Solopos.com/Tiara Surya Madani).

Solopos.com, SUKOHARJO — Kodim 0726/Sukoharjo selesai menyelenggarakan TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD Sengkuyung Tahap III 2022.

Total anggaran yang dikeluarkan dalam kegiatan tersebut yakni Rp612.292.000 yang terbagi menjadi Rp256.000.000 dari APBD Provinsi Jawa Tengah, serta Rp356.292.000 dari APBD Kabupaten Sukoharjo.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Hasil pelaksanaan TMMD Sengkuyung tahap III tahun 2022 dapat diselesaikan 100% sesuai target. Kegiatan tersebut berlangsung 11 Oktober-9 November 2022. Upacara penutupan dilaksanakan di Lapangan Desa Jati, Kecamatan Gatak, Sukoharjo.

Hasil fisik yaitu dua talut jalan tani berlokasi di Dukuh Jati, Desa Jati, Kecamatan Gatak dengan panjang 63 meter dan 408 meter.

Selain pembuatan talut, TMMD Manunggal Tani juga melaksanakan betonisasi jalan tani berlokasi di Dukuh Jati, Desa Jati, Kecamatan Gatak sepanjang 450 meter.

Baca juga: TMMD Sengkuyung Tahap III Dibuka, Dandim Sukoharjo Tak Goyah Cuaca Ekstrem

Sasaran nonfisik yang telah dilaksanakan yaitu penyuluhan wawasan kebangsaan (wasbang) bela negara, penyuluhan hukum dan kamtibnas, penyuluhan kesehatan dan stunting, penyuluhan KB kesehatan, penyuluhan pertanian, dan wasbang umat beragama.

Wakil Bupati Sukoharjo, Agus Santosa, mewakili kehadiran Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, dalam pidatonya mengatakan program fisik dan nonfisik sangat dibutuhkan untuk memperkokoh semangat nasionalisme masyarakat.

Selain memperkokoh semangat nasionalisme masyarakat, ia berharap TMMD Sengkuyung tahap III dapat menanggulangi ancaman yang terjadi pada generasi bangsa sekarang.

Ancaman tersebut yakni penyalahgunaan narkoba, aksi terorisme, kriminalitas, serta isu bangkitnya paham komunisme, dan radikalisme.

Baca juga: Atasi Kekeringan di Jangglengan, Kodim 0726/Sukoharjo Bangun Sumur

“Semua hal tersebut dapat mengancam stabilitas Negara Kesatuan Republik Indoneisa,” kata Agus dalam pidatonya, Rabu (9/11/2022).

Dandim 0726/Sukoharjo, Letkol Czi Slamet Riyadi mengatakan beberapa perhagian dalam TMMD untuk memelihara semangat gotong royong, sinergitas, serta silaturahmi antar tokoh masyarakat demi menjalin kemanunggalan TNI dan rakyat.

“Saya berharap sarana hasil dari program TMMD agar bermanfaat bagi warga masyarakat dan memiliki usia pakai yang panjang,” kata Letkol Czi Slamet dalam pidatonya, Rabu (9/11/2022).

Kegiatan TMMD Sengkuyung tahap III yang dilaksanakan di Baki, Sukoharjo akan menjadi bahan perbaikan pada pelaksanaan TMMD selanjutnya.

Baca juga: Kunjungan Danrem ke Sukoharjo: TNI Harus Bersinergi dengan Masyarakat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya