Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Tjahjo Kumolo Wafat, Ini Tempat Kuliner Favoritnya di Semarang

Semasa hidupnya, Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo, memiliki sederet tempat kuliner favorit di Kota Semarang.
SHARE
Tjahjo Kumolo Wafat, Ini Tempat Kuliner Favoritnya di Semarang
SOLOPOS.COM - Menpan RB Tjahjo Kumolo (Detik.com)

Solopos.com, SEMARANG — Kabar duka datang dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahjo Kumolo, yang meninggal dunia, Jumat (1/7/2022). Lahir di Solo, Tjahjo Kumolo menghabiskan masa kecil hingga dewasa di Semarang. Berikut tempat kuliner favorit Tjahjo Kumolo semasa tinggal di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Sahabat almarhum Tjahjo Kumolo, Adi Rustanto, mengatakan ada beberapa makanan favorit almarhum setiap berkunjung ke Kota Semarang, salah satunya adalah nasi liwet.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

“Beliau [almarhum] juga suka bakmi, dan Sate 99 Semarang yang ada di depan Gereja Blenduk. Nah kalau suka makan gudeg, suka ada kepala dan brutu ayam. Selain itu, burung dara goreng favorit dia,“ ucap Adi kepada Solopos.com, Jumat sore.

Namun demikian, jelas dia, kuliner yang paling disukai almarhum yaitu brutu ayam, iso atau babat sumsum kambing.

“Kalau paling disukai ya, brutu, iso atau babat sumsum kambing,” terangnya.

Adi menyebut almarhum Tjahjo Kumolo saat berkunjung ke Kota Semarang pasti menyempatkan diri berkunjung ke lima tempat kuliner favoritnya. Kelima tempat itu antara lain warung bakmi di Gang Pinggir, Pecinan Semarang.

Baca juga: Tjahjo Kumolo Wafat, Foto-Foto Sejumlah Pejabat Melayat di Rumah Duka

“Kemudian Sate Kambing 99 depan Gereja Blenduk, gudeng di Jalan Gajah Mada, rumah makan burung dara di Jalan Plampitan, dan warung cakwe dekat Hotel Gumaya,” jelasnya.

Kendati demikian, Adi mengaku jika Tjahjo Kumolo memiliki riwayat penyakit asam urat. Namun, sayangnya almarhum tidak bisa mengontrol pola makanannya.

“Seringkali saya ingatkan, kadang dia sembunyi-bunyi makan makanan yang tidak baik untuk Misal, brutu, iso atau babat, “katanya.

Selain kelima tempat kuliner itu, Tjahjo Kumolo kabarnya juga kerap makan di warung seafood Ibu Ana yang ada di kompleks PRPP Semarang. Bahkan di warung tersebut ada foto Tjahjo bersama pemilik warung, Ana.

Baca juga: Selalu Temui Rudy Saat Ke Solo, Ini Sederet Pesan Tjahjo Kumolo

Ana pun mengaku terkejut saat mendengar kabar duka meninggalnya Tjahjo Kumolo. Ia kemudian menceritakan bahwa Tjahjo Kumolo sering mampir untuk makan di warungnya saat berkunjung ke Semarang.

“Sudah lima kali makan di sini. Kalau mau ke Jakarta langsung mampir makan di sini bersama timnya. Sukanya makan srimping, udang saus besar, sukanya itu. Tapi kadang tidak dimakan semua. Mangut juga, beliau suka. Orangnya itu pendiam, sabar, dan merakyat. Saya pernah ngobrol dan ini foto saya sama beliau,” ujarnya sambil menunjukkan foto bersama Tjahjo Kumolo yang dipajang di samping fotonya bersama Ganjar Pranowo.

Seperi diketahui, Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo,Jakarta, Jumat, sekitar pukul 11.10. Sebelum meninggal, Tjahjo sempat menjalani perawatan selama beberapa pekan.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode