SOLOPOS.COM - Petugas keamanan berpatroli di dekat bangunan convention hall yang sudah selesai pembangunannya di lantai atas Terminal Tirtonadi, Solo, Jumat (19/2/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Terminal Tirtonadi Solo dijadikan pilot project pengembangan terminal sebagai pusat kegiatan masyarakat. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat kunjungan ke Solo, Sabtu (8/1/2022), bahkan menyebut Tirtonadi sebagai Terminal City Center pertama di Indonesia.

“Ini adalah suatu format pertama kali di indonesia suatu terminal menjadi city center pusat kegiatan. Terima kasih kepada Pak Walikota yang sangat mendukung,” kata dia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Budi Karya menilai selama ini aktivitas di Terminal Tirtonadi juga mulai menurun. Oleh karena itu ia mendukung pengembangan baru terminal menjadi pusat kegiatan Kota Solo.

Baca juga: Kunjungi Terminal Tirtonadi Solo, Menhub Budi Karya: Luar Biasa!

Kegiatan nantinya berpusat di Convention Hall Tirtonadi yang dapat digunakan untuk pentas kesenian, pameran, hingga agenda komersil. Tak hanya itu, rooftop Terminal Tirtonadi juga menyediakan sport center dan ruang terbuka yang luas untuk food court.

“Dengan begini bisa menaikkan value dari terminal artinya segmentasi dari terminal ini kita naikkan sehingga masyarakat yg tadinya tidak menggunakan bus bisa menggunakan bus,” kata dia.

Baca juga: Transformasi Terminal Tirtonadi Solo: Dulu Kumuh, Kini Bersih dan Megah

Proyek pengembangan Terminal Tirtonadi ditandai dengan konser musik dengan tema Tirtonadi Bukan Terminal Biasa, Sabtu malam. Acara tersebut menghadirkan sejumlah bintang tamu. Seperti penyanyi Tulus, Sruti Respati, dan seniman Sardono W Kusumo.

“Ada dua hal. Solo kita akan buat beberapa inisiatif ya seperti kereta api wisata. Mensubsidi bus bus untuk pariwisata. Tapi yang lebih penting lagi kita harus dapat format yang baik di Solo ini agar bisa dilakukan di kota lain. Seperti Cirebon, Sukabumi, dan Surabaya,” terang Menhub.

Baca juga: Sejarah Terminal Tirtonadi Solo, Ternyata Pindahan dari Gemblegan

Pusat Kegiatan Budaya & Kreatif

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan ke depan Hall Tirtonadi bakal dijadikan sebagai pusat kegiatan budaya dan kreatif. Sebelumnya mereka berhasil memggelar beberapa acara mulai dari Solo Keroncong Festival, Rock in Solo, dan konser bersama Tulus pada Sabtu malam. Gibran memberi bocoran bahwa Februari mendatang mereka kembali mengundang penyanyi ibukota.

“Ya nanti bulan depan ada penyanyi ibu kota lagi. Namanya rahasia. Intinya kami menyambut baik inovasi Menhub. Yang jelas ini tempat nya sudah komplit ada convention hall, sport hall, food court, ada komunitas food truck ini benar-benar one stop solution ada di sini,” tambah Gibran.

Baca juga: Tak Hanya Terminal, Tirtonadi Solo Kini Jadi Pusat Bisnis dan Hiburan

Seniman senior Solo Sardono W Kusumo juga mengapresiai inovasi Gibran dan Menhub menjadikan Terminal Tirtonadi sebagai pusat kegiatan baru. Visi pengembangan tersebut menurutnya sangat related dengan kondisi saat ini. Selama ini industri kreatif memang bertujuan memajukan ekonomi. Sehingga menurutnya posisi Convention Hall dengan aktivitas transportasi bus bisa saling berkaitan.

Rektor Institut Kesenian Jakarta (IKJ) ini bahkan menyamakan konsep convention hall seperti Grand Central Terminal di New York. “Grand Central Terminal New York juga stasiun, otomatis jadi bus community center. Sekarang gak ada lagi political leader tapi cultural leader,” kata Sardono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya