SOLOPOS.COM - Ilustrasi keuangan keluarga (Forgescom.net)

Solopos.com, JAKARTA — Penelitian mengungkapkan, 40% pelaku usaha pemula tidak mampu bertahan hingga tahun pertama berlalu. Dari 60% yang bertahan, 80% di antara mereka rontok pada 5 tahun pertama. Hal-hal ini yang harus dicegah.

Fuazi Rachmanta, Presiden Komunitas Tangan di Atas mengatakan ada tiga hal yang membuat bisnis tidak bertahan lama. “Orang yang belum dapat tiga hal ini, maka dia belum mendapatkan tujuannya dalam berbisnis, dan biasanya akan gampang andilau atau antara dilema dan galau,” terangnya di Jakarta, Selasa (12/11/2013).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pertama, tidak adanya tujuan yang jelas atau sekadar ikut-ikutan dalam berbisnis. Dalam kondisi itu, biasanya ketika menghadapi masalah maka para pelaku usaha tidak berani menghadapinya, bahkan terpaksa gulung tikar.

Ekspedisi Mudik 2024

”Ketika dia punya tujuan yang jelas dan menjalankan bisnis sesuai passion, maka semuanya akan lebih mudah berkembang.” Tujuan tersebut sebetulnya bisa didapatkan dari nilai-nilai positif yang ingin diwujudkan; passion atau hasrat yang ingin dilakukan terus menerus tanpa menjadikan uang sebagai landasan; serta visi yang ingin dicapai.

Kedua, produk yang dihasilkan tidak relevan dengan kebutuhan pasar. Sebelum saat memulai usaha, pebisnis harus dapat memahami pasar yang disasarnya, masalah apa yang dihadapi, lalu menciptakan produk atau jasa yang ditawarkan sebagai solusinya.

“Solusi itu yang menjadi sumber pendapatan kita, karena orang bersedia membayar untuk seuatu yang bisa menjawab kebutuhan mereka. Tidak hanya produk, tetapi juga bisa berupa jasa karena saat ini jasa pendukung juga menjadi bisnis sendiri yang sangat kuat.”

Ketiga, tidak didukung oleh proses yang berulang dan konsistensi. Misalnya, membuat produk makanan di awal usaha rasanya sangat enak, semakin lama dan banyak yang membeli, pelaku usaha kemudian mengurangi beberapa bahan yang membuat rasanya berbeda.

Agar produk atau jasa yang kita hasilkan dapat konsisten, dibutuhkan sumber daya atau sebuah tim yang berdaya, di sini diperlukan sifat kepemimpinan untuk memberdayakan semua tim secara bersama-sama.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya