SOLOPOS.COM - Ilustrasi wirausaha

Ilustrasi wirausaha

JAKARTA—Pada suatu titik dalam hidup, Anda akan berpikir jika lebih baik berhenti bekerja dan menjadi pengusaha. Sayangnya, tidak semua orang cocok menjadi pengusaha atau enterpreneur. Jadi, sebelum salah melangkah, pastikan Anda mengetahui apakah Anda cocok menjadi enterpreneur.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ini dia enam ciri-ciri yang harus Anda miliki untuk dinyatakan cocok menjadi seorang pengusaha.

1. Punya visi yang jelas untuk bisnis Anda

Pengusaha yang sukses bisa memvisualisasikan masa depannya. Dia memiliki gambaran yang jelas tentang arah mana yang akan diambil untuk perusahaannya dan punya rencana untuk merealisasikannya.

2. Percaya Andalah penentu nasib diri sendiri

Para penanam modal dan rekan bisnis membutuhkan pengusaha yang sangat percaya diri tentang prospek masa depannya. Pengusaha terbaik percaya dia bisa menentukan masa depannya sendiri dan menggunakan kepercayaan dirinya itu untuk membujuk orang.

3. Pantang menyerah

Setiap pengusaha memperlihatkan kebulatan tekad dan terkadang butuh bersikeras dengan sebuah ide ketika yang dipercayainya. Tidak diragukan lagi, semua bisnis akan mengalami pasang surut dan sebagai nahkoda kapal, seorang pengusaha diharapkan mendorong karyawannya untuk menang. Singkatnya, orang yang mudah menyerah sebaiknya tidak menjadi pengusaha.

4. Mampu melakukan pekerjaan yang dibutuhkan

Seorang pengusaha haruslah seseorang yang cakap dan mampu melakukan pekerjaannya atau seseorang yang tahu bagaimana menemukan bantuan yang tepat dengan “harga” yang tepat. Pengusaha yang baik harus dapat menjadi pencari solusi yang ulung dan individu yang bisa menyelesaikan masalah secara cepat dan efisien.

5. Selalu realistis

Selama tidak ada yang salah dengan aspirasi perusahaan Anda (ingat, pengusaha harusnya seorang visioner), seorang pengusaha bisa membedakan antara mimpi-mimpinya dan kehidupan nyata. Selain itu, perkiraan marketing yang hanya berdasarkan angan-angan semata tidak akan membentuk rencana bisnis yang kuat.

6. Bisa hidup tanpa penghasilan tetap

Selalu ada ketidakpastian tentang apa yang akan terjadi dengan bisnis baru. Seberapa baiknya pun Anda mempersiapkan dan merencanakan segalanya, tetap saja ada kemungkinan semuanya tidak berjalan baik. Kesempatan berwiraswasta dapat membawa risiko lebih banyak daripada pekerjaan di kantor. Tidak ada gaji dan penghasilan tetap, tapi Anda harus menemukan pelanggan .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya