SOLOPOS.COM - Ilustrasi karier

Solopos.com, JAKARTA – Menjadi wirausaha tidaklah mudah. Salah satu bagian yang tersulit yakni memperluas dan mengembangkan bisnis Anda.  Berikut ini ada 5 cara yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis sebagaimana dikutip Mag For Women.

1. Memberikan insentif tambahan kepada karyawan Anda

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Karyawan merupakan jantung dari sebuah perusahaan dan mereka harus dapat memberikan keuntungan. Namun jangan jadikan mereka bekerja hanya sebagai mesin bisnis. Anda harus perlu untuk meberikan penghargahaan untuk para karyawan atas jasa mereka, apakah itu dalam bentuk bonus gaji, penanambahan fasilitas, atau waktu cuti.

Ekspedisi Mudik 2024

2. Jaringan melalui klien yang sudah ada dan vendor

Apakah Anda bekerja dengan klien dan vendor, yang telah memberi Anda kesempatan bisnis berulang kali karena mereka menyukai pekerjaan Anda? Maka ambillah kesempatan tersebut untuk mengembangkan bisnis Anda. Minta mereka untuk memberi arahan dan rekomendasi yang akan membantu Anda mendapatkan kesempatan bisnis dari pihak lain.

3. Fokus feedback dari pelanggan

Jawaban sederhana untuk pertanyaan bagaimana untuk mengembangkan bisnis Anda adalah bahwa Anda harus mendengar apa yang terjadi di pasar dan pendapat para pelanggan. Jika pelanggan tidak puas dengan produk atau jasa Anda, ini akan terlihat pada penjualan Anda. Fokus untuk mendengarkan umpan balik tentang bisnis Anda akan memberi Anda wawasan yang luas.

4. Diversifikasi

Banyak bisnis lupa bahwa mereka benar-benar memiliki kemampuan untuk meberikan penambahan produk dan layanan bagi pelanggan, yang sudah setia memakai produk Anda. Untuk memahami bagaimana untuk mengembangkan bisnis Anda, pertimbangkan untuk memilih diversifikasi atau perluasan jenis produk dan layanan. Siapa tahu, ini akan membantu Anda untuk menangkap segmen pasar baru.

5. Meningkatkan pemasaran dan perluas jaringan

Apakah Anda tahu mengapa kebanyakan bisnis tidak pernah belajar bagaimana untuk mengembangkan bisnis mereka? Karena mereka semua hanya peduli dengan penaikan penjualan produk mereka. Pelanggan benci dengan produsen yang tidak memberikan pelayanan pasca mereka membeli produk tersebut. Fokuslah pada membangun hubungan dengan pelanggan Anda, jangan hanya memikirkan bagaimana untuk mendapatkan keuntungan saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya