SOLOPOS.COM - Ilustrasi tidur lelap. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Selama puncak musim hujan, sangat wajar jika seseorang mengalami gangguan tidur atau tidak bisa tidur nyenyak mulai dari suara hujan di atap yang terlalu deras, petir, hingga kecemasan akan datangnya banjir. Agar istirahat optimal, simak ulasannya di info sehat kali ini.

Bagi mereka yang rumahnya sudah terbiasa terkena banjir, umumnya akan berjaga saat hujan lebat turun di malam hari untuk mewaspadai masuknya air ke rumah mereka. Secara tak langsung kondisi ini pun memengaruhi jadwal tidur.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

Berikut adalah cara yang bisa kamu coba untuk tetap bisa mendapatkan tidur yang nyenyak di musim hujan seperti dikutip dari halodoc.com pada Kamis (20/10/2022):

1. Patuhi Jadwal Tidur

Sisihkan tidak lebih dari delapan jam untuk tidur setiap harinya. Jumlah tidur yang disarankan untuk orang dewasa yang sehat adalah setidaknya tujuh jam. Kebanyakan orang tidak membutuhkan lebih dari delapan jam di tempat tidur untuk mencapai tujuan ini.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Begini Perawatan Motor setelah Terendam Banjir

Selain itu, tidur dan bangunlah pada waktu yang sama setiap hari. Usahakan untuk membatasi perbedaan jadwal tidur pada malam hari dan akhir pekan menjadi tidak lebih dari satu jam. Menjadi konsisten akan jam tidur akan memperkuat siklus tidur-bangun tubuh.

Jika kamu tidak tertidur dalam waktu sekitar 20 menit, tinggalkan kamar dan lakukan sesuatu yang menenangkan. Baca atau dengarkan musik yang menenangkan dan kembalilah ke tempat tidur saat sudah mulai lelah.

2. Kelola Kekhawatiran

Tips kedua bisa tidur nyenyak di musim hujan adalah kelola kekhawatiran kamu. Cobalah untuk menyelesaikan kekhawatiran sebelum tidur. Jika kamu khawatir rumah akan kebanjiran, sebaiknya amankan dahulu barang-barang, terutama barang-barang berharga di rumahmu. Jika kamu khawatir ada sanak saudara atau teman yang rumahnya sering terkena banjir, ingat juga hal ini.

Baca Juga: Tips Perawatan Mobil di Musim Hujan

Di beberapa wilayah, bencana ini mungkin sulit dihindari, tetapi kamu masih tetap bisa meminimalkan efek kerugiannya. Kamu juga bisa coba teknik meditasi untuk meredakan kecemasan.

3. Perhatikan Asupan Makanan dan Minuman

Jangan pergi tidur dalam keadaan lapar atau kenyang. Hindari juga makan makanan berat atau besar dalam beberapa jam sebelum tidur. Ketidaknyamanan ini mungkin membuat kamu tetap terjaga.

Nikotin, kafein, dan alkohol juga patut diwaspadai. Efek stimulasi dari nikotin dan kafein membutuhkan waktu berjam-jam untuk menghilang dan dapat merusak kualitas tidur. Selain itu, meskipun alkohol dapat membuat kamu mengantuk, alkohol nyatanya bisa mengganggu tidur di malam hari.

4. Buat Suasana Kamar yang Tenang

Ciptakan ruangan yang ideal untuk tidur. Buat kamar yang sejuk, gelap dan tenang. Paparan cahaya mungkin membuat kamu jadi lebih sulit tertidur. Hindari penggunaan gadget sebelum waktu tidur. Pertimbangkan untuk menggunakan tirai penggelap ruangan, penyumbat telinga, kipas angin, atau perangkat lain untuk menciptakan lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Tips Aman Berangkat Sekolah di Musim Penghujan

Melakukan aktivitas yang menenangkan sebelum tidur, seperti mandi atau menggunakan teknik relaksasi juga diyakini bisa meningkatkan kualitas tidur.

5. Batasi Tidur Siang

Tidur siang yang lama dapat mengganggu tidur malam. Jika kamu memilih untuk tidur siang, batasi diri hingga 30 menit dan hindari melakukannya di siang hari. Namun, jika kamu bekerja pada malam hari, kamu mungkin perlu tidur siang sebelum bekerja untuk membantu membayar hutang tidur.

6. Perbanyak Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan kualitas tidur. Namun, hindari aktif terlalu dekat dengan waktu tidur. Menghabiskan waktu di luar setiap hari juga mungkin bisa membantu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya