SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Harianjogja.com, JAKARTA — Jika baterai smartphone Anda tidak bisa di-charge, mungkin sudah saatnya untuk mengganti baterai baru. Namun masalahnya, jika smartphone Anda mengusung teknologi baterai non-removable, Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk memperbaikinya.

Jangan panik dulu! Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Cobalah beberapa langkah berikut ini sebelum Anda berniat untuk mengganti baterai smartphone Anda, seperti dilansir laman Liputan6.com dari About Technology, Senin (15/12/2014)

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Restart smartphone

Banyak masalah smartphone yang kerap terjadi dapat kembali normal setelah smartphone di-restart. Langkah ini memang tidak bisa memecahkan masalah serius, tapi dengan me-restart smartphone, sejumlah sistem yang error kemungkinan akan pulih kembali.

Cek kabel USB

Ada banyak hal yang menyebabkan baterai smartphone tidak bisa diisi ulang. Salah satunya ada pada masalah kabel USB yang Anda gunakan untuk menghubungkan smartphone ke komputer atau power adapter.

Satu-satunya cara untuk mengujinya adalah dengan cara mencoba kabel USB lain. Jika kabel USB bawaan smartphone Anda yang rusak, maka dianjurkan untuk membeli kabel USB yang baru. Tapi ingat, harus beli yang asli untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan.

Cek power adapter

Jika Anda melakukan pengisian baterai smartphone menggunakan power adaptor (bukan dengan cara menghubungkannya ke PC/laptop) dan baterai tidak bisa terisi penuh, bisa jadi power adapter Anda bermasalah.

Sama seperti masalah yang ada pada kabel USB, satu-satunya cara untuk mengecek masalah ini adalah dengan menggunakan power adapter lain dan mencoba untuk mengisi smartphone Anda dengan itu.
Cek port USB

Jika Anda tidak bisa mengisi baterai smartphone di port USB komputer Anda, mungkin port USB yang ada sudah rusak. Untuk mengujinya, coba hubungkan smartphone Anda ke port USB pada komputer lain. Jika itu komputer lain bisa memberikan daya pada smartphone Anda, bisa dipastikan port USB pada komputer Anda rusak.

Anda juga dapat mengeceknya dengan cara mencoba mencolokkan perangkat USB lain ke komputer Anda. Langkah ini dapat lebih meyakinkan Anda bahwa masalahnya memang benar-benar ada pada port USB.

Kunjungi situs resmi

Jika semua cara tersebut sudah Anda lakukan dan baterai smartphone Anda tetap tidak bisa di-charge, dapat disimpulkan bahwa baterai smartphone Anda sudah mati dan perlu diganti.

Sebelum Anda memutuskan untuk mengganti baterai smartphone dengan yang baru, Anda bisa mengunjungi situs resmi smartphone Anda atau menghubungi customer service untuk mengetahui keterangan lebih lanjut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya