Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Tips Sewa Bus Pariwisata, Biar Liburan Gak Gagal Total

Bus pariwisata sewa harus dipastikan sesuai dengan kebutuhan Anda agar tak salah pilih.
SHARE
Tips Sewa Bus Pariwisata, Biar Liburan Gak Gagal Total
SOLOPOS.COM - Salah satu bus pariwisata sewa dari TRAC. (Istimewa/TRAC)

Solopos.com, SOLO — Pilihan bus pariwisata sewa saat ini sangat banyak. Namun, tak semua bus pariwisata cocok untuk kebutuhan liburan Anda.

Liburan bersama keluarga besar memang lebih asyik menggunakan bus pariwisata ketimbang memakai mobil pribadi. Dengan jumlah orang yang banyak, berangkat bersama dalam satu bus akan lebih seru.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Sepanjang perjalanan, Anda akan bisa bercengkerama bersama keluarga besar jika menggunakan bus pariwisata.

Dengan menggunakan layanan sewa bus, liburan Anda bersama keluarga besar tetap nyaman. Namun, Anda harus bisa memilih bus pariwisata yang cocok untuk liburan Anda bersama keluarga.

Berikut tiga tips menyewa bus pariwisata agar tak salah pilih:

  1. Pilih Penyedia Layanan Sewa Bus Pariwisata yang Tepat

Untuk mendukung keamanan dan kenyamanan perjalanan, pastikan Anda menyewa bus hanya dari penyedia layanan yang terpercaya seperti TRAC.

Jangan ragu untuk bertanya secara langsung kondisi bus pariwisata yang akan Anda sewa. TRAC selalu melakukan pengecekan secara berkala terhadap armada yang dimiliki sehingga hanya kendaraan yang benar-benar prima yang akan melayani penumpang.

Baca Juga: Sewa Mobil Listrik Bisa Sampai ke Danau Toba Loh!

Sebagai penyedia layanan sewa bus dan rental mobil yang telah ada selama puluhan tahun, TRAC juga senantiasa memperhatikan profesionalisme dari pengemudi dan kru.

Pengemudi yang bergabung dengan TRAC telah dibekali oleh kemampuan defensive driving sehingga akan membuat perjalanan Anda semakin nyaman dan aman.

Di pengujung pandemi ini, pastikan juga penyedia layanan sewa bus pariwisata yang Anda pilih selalu mengutamakan protokol kesehatan dalam berkendara.

TRAC memiliki Smart Protocol yang merupakan komitmen untuk selalu melindungi penumpang selama perjalanan dengan beberapa upaya.

Protokol itu antara lain menyediakan hand sanitizer dan pembatas antara penumpang dan pengemudi di setiap armada, pembersihan armada setiap akan dan setelah melakukan perjalanan, serta mewajibkan pengemudi menggunakan masker dan sarung tangan serta ikut dalam tes kesehatan secara berkala.

  1. Tentukan Kapasitas Bus Pariwisata yang akan Disewa

Saat akan melakukan sewa bus pariwisata, sebaiknya Anda memperkirakan banyaknya calon penumpang. Hal ini akan sangat berpengaruh pada tipe dan kapasitas secaraas bus yang akan Anda sewa.

Secara umum, kapasitas bus dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu bus kecil, bus medium, dan bus besar.

Jika Anda bepergian dengan anggota keluarga yang berjumlah kurang dari 15 orang, sebaiknya memilih tipe bus kecil. Tipe bus ini cocok untuk perjalanan dekat hingga menengah dengan tak terlalu banyak barang bawaan. Opsi ini menjadi pilihan terbaik dibanding Anda bepergian dengan beberapa mobil.

Untuk penumpang yang lebih banyak, Anda bisa menggunakan bus medium atau yang dikenal juga dengan sebutan bus tanggung dengan kapasitas 23-35 penumpang.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Wisata di Magelang yang Instagramable, Cocok untuk Liburan

Sedangkan untuk rombongan besar, bisa menggunakan big bus atau bus besar berkapasitas hingga 59 kursi. Oh iya, beberapa tipe big bus juga memiliki fasilitas toilet lho! Namun tentu saja adanya fasilitas ini akan mengurangi kapasitas penumpang ya. Bus besar dengan toilet biasanya berkapasitas 40 hingga 45 penumpang saja.

Untuk Anda yang mengutamakan kenyamanan, luxury bus dari TRAC yang menjadi tipe bus pariwisata sewa yang paling direkomendasikan. Selain TRAC, penyedia bus tipe ini masih sangat jarang ditemui di Indonesia.

Dengan hanya berkapasitas 11 hingga 15 orang, bus berukuran besar ini memiliki berbagai fasilitas seperti pantry, toilet, karaoke, fasilitas hiburan ala pesawat, hingga kursi yang super nyaman untuk perjalanan jauh sekalipun.

  1. Perhatikan Kondisi dan Rute Jalan Sebelum Sewa Bus Pariwisata

Selain jumlah calon penumpang, rute dan kondisi jalan juga bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih tipe bus yang akan disewa.

Jika destinasi yang Anda pilih memiliki akses jalan yang kecil dan berliku, sebaiknya urungkan niat untuk menggunakan bus dengan kapasitas besar.

Sebaiknya Anda melakukan survei terlebih dahulu atau menghubungi customer relation penyedia layanan sewa bus yang Anda pilih untuk mendapatkan saran terbaik terkait pilihan armada yang akan digunakan.

Selain tiga hal di atas, ada pula faktor lain yang bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memilih TRAC sebagai penyedia layanan sewa bus pariwisata.

TRAC memberikan kemudahan pemesanan dan cakupan layanan yang tersedia di berbagai kota.

Baca Juga: Asyik, TRAC Tambah Layanan Sewa Mobil Listrik untuk Wisatawan Samosir

Segera datangi kantor cabang TRAC di kota Anda untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait layanan sewa bus maupun langsung melakukan pemesanan.

Anda bisa mendatangi kantor cabang TRAC di kota Anda atau buka aplikasi TRACtoGo untuk mendapatkan informasi dan pemesanan bus. Di aplikasi ini, Anda dapat memesan bus hingga 24 jam sebelum pemakaian.

Segera unduh aplikasi TRACtoGo Google Playstore dan Apple App Store! Hanya di aplikasi keren ini Anda bisa mendapatkan banyak promo dan penawaran terbaik untuk semua layanan TRAC.

Untuk informasi mengenai reservasi dan armada TRAC, silakan KLIK DI SINI!



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode