SOLOPOS.COM - (Chefmag)

Tips sehat mengenai manfaat biji alpukat

Harianjogja.com, SLEMAN — Kanker merupakan penyakit yang menjadi penyebab kesakitan dan kemtian utama di dunia. Pengembangan obat kanker terus dilakukan, termasuk memanfaatkan tanaman obat sebagai agen kemoprevensi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Adalah Yuni Widiyastuti yang mengkaji lebih lanjut salah satu Famili Lauraceae yakni Alpukat sebagai agen anti kanker. Famili Lauraceae merupakan salah satu famili yang banyak diteliti potensi sebagai agen antikanker. Memanfaatkan biji Alpukat (Persea americana), Yuni menggali potensi bahan alam ini untuk dimanfaatkan sebagai obat anti kanker dan hasilnya diketahui bahwa biji aplukat merupakan bahan alam yang dapat digunakan untuk  mengatasi perkembangan sel kanker payudara MCF-7.

Disampaikan Yuni dalam biji Alpukat mengandung senyawa alkaloid, flavonoid, saponin, terpenoid, tanin,dan minyak atsiri. Senyawa-senyawa tersebut termasuk ke dalam golongan senyawa yang bersifat anti kanker.

“Ekstrak klorofom biji alpukat bersifat sitoksik yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker payudara MCF-7,” jelas Peneliti Balai Besar Litbang Tanaman Obta dan Obat Tradisional, Jawa Tengah ini, saat ujian terbuka program doktor  di Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) seperti rilis yang Harianjogja.com terima pekan lalu.

Senyawa aktif biji alpukat, ditegaskan Yuni terbukti mampu menginduksi menginduksi kematian sel (apoptosis) sel MCF-7 dengan mengakibatkan ekrusakan DNA. Selain itu jumlah sel yang mengalami kematian semakin bertambah setelah perlakuan pada nalisis flow cytometry. Senyawa aktif biji alpukat mampu meningkatkan ekspresi p53, pRb, caspase 3, dan menurunkan ekspresi gen atiaapoktosis Bel-2, tetapi meningkatkan ekpresi gen pro-apoptosis Bax.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya