SOLOPOS.COM - Ilustrasi modal usaha. (freepik)

Solopos.com, JAKARTA — Merintis usaha sendiri tak sesulit yang dibayangkan sebagian orang. Saat memulai bisnis baru, hal utama yang harus disiapkan dan menjadi pertimbangan calon pengusaha adalah modal.

Modal dalam hal ini identik dengan biaya operasional usaha yang dijalankan menjadi salah satu aspek utama seseorang berani memulai bisnis. Meskipun pada dasarnya ada juga modal nonfinansial yang perludi siapkan, seperti skill dan sumber daya manusia (SDM).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Nah, jika Anda berniat untuk memulai bisnis, sebenarnya ada beberapa alternatif pendanaan yang bisa dijadikan modal usaha Anda seperti dilansir dari Forbes, beberapa waktu lalu:

1. Tabungan pribadi

Sebagian besar usaha didanai dengan tabungan pribadi. Namun, sebelum Anda melakukan penarikan besar-besaran untuk modal, sebaiknya menyisihkan setidaknya satu tahun biaya hidup tetap (seperti hipotek dan kebutuhan asuransi Anda). Ketika Anda memulai toko Anda sendiri, Anda mungkin harus melepaskan gaji selama beberapa bulan, bahkan satu tahun, sampai Anda mendapatkan daya tarik dan pendapatan mulai mengalir.

Baca juga: Lagi Turun Gaes! Cek Harga Emas Pegadaian, Selasa 16 November 2021

2. Teman dan keluarga

Jika Anda akan menempuh jalan ini, jelaskan persyaratannya dan tulis semuanya, sehingga tidak masalah di kemudian hari.

3. Bank dan pembiayaan

Tidak selalu mudah mengajukan pinjaman kecil ke bank. Anda juga memerlukan rencana bisnis yang kuat dan catatan kredit yang bersih untuk disetujui. Anda harus memilih bank yang akrab dengan Anda atau industri Anda, atau bank yang memberikan pinjaman usaha kecil. Sebaiknya cari yang menawarkan pinjaman bergaransi UKM.

4. Program perusahaan

Beberapa perusahaan besar juga menawarkan dukungan untuk memulai bisnis kecil.

Baca juga: Keamanan Siber Finansial Digital di Tangan Konsumen, Ini Penjelasan OJK

5. Hibah

Banyak juga perusahaan memberikan hibah untuk usaha kecil, dan ini bisa Anda manfaatkan untuk menjadi sumber modal usaha juga.

6. Gadai sertifikat

Jika Anda punya aset rumah atau mobil yang bisa Anda jaminkan ke bank, maka ini bisa dimanfaatkan untuk modal usaha Anda.

7. Kartu kredit

Menggunakan kartu kredit memang mudah, tetapi itu adalah pilihan yang berisiko. Sebagian besar kartu memiliki suku bunga dua digit pada saldo yang bergulir dari bulan ke bulan. Itu bunga yang cukup tinggi dan akan membebani perusahaan baru.

Nah, dari sekian alternatif tips mendapatkan modal usaha di atas bisa Anda coba dengan menyesuaikan kondisi Anda. Selamat berwirausaha!

Baca juga: Pendanaan Fintech di Asia Tenggara Tumbuh Lebih dari Tiga Kali Lipat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya