SOLOPOS.COM - Beberapa pengendara sepeda motor dan mobil nekat menerobos banjir yang menggenani Underpass, Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, usai hujan mengguyur kawasan tersebut, Sabtu(12/12/2015). Meski telah diperbaiki namun genangan air tetap terjadi. (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Pengendara sepeda motor perlu mempersiapkan tunggangannya agar bisa menghadapi musim hujan dalam keadaan prima.

 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Harianjogja.com, JAKARTA — Akhir-akhir ini, hujan mulai melanda Indonesia. Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, pada November hingga Desember 2015, sebagian besar wilayah Indonesia mulai diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Karena itu, pengendara motor perlu mempersiapkan tunggangannya agar bisa menghadapi musim hujan dalam keadaan prima.

Technical Service Analyst Main Dealer sepeda motor Honda Astra Motor, Rangga Noviar menyampaikan, ada kemungkinan beberapa komponen sudah tidak layak pakai dan memerlukan perbaikan atau penggantian akibat penggunaan di bulan kemarau yang cukup panjang.

Berikut ini beberapa poin penting yang sebaiknya diperiksa agar sepeda motor dalam keadaan prima:

 

1. Oil Seal & Dust Seal

Seal pada kendaraan berperan penting agar debu dan air tidak masuk ke dalam komponen dan menimbulkan kerusakan. Jika dust seal yang terdapat pada roda sudah tidak layak, maka dapat menyebabkan air masuk ke area bearing atau bantalan roda. Akibatnya, dapat timbul korosi yang bisa membuat bearing ‘oblak’ atau berputar secara tidak normal.

2. Ban

Pastikan kondisi ban dalam keadaan baik. Salah satu indikatornya adalah keausan permukaan ban. Jika sudah tipis, traksi terhadap permukaan jalan akan berkurang, sehingga dalam kondisi jalanan basah, dapat menyulitkan pengendalian motor dan bisa menyebabkan pengendara jatuh. Saat melakukan penggantian ban, pastikan arah rotasi ban sudah sesuai.
3. Cap Supressor (Tutup Busi)

Tutup busi berperan penting untuk mencegah terjadinya motor mogok saat melintasi genangan air. Jika karet yang terdapat pada tutup busi sudah keras, sangat disarankan untuk segera diganti, agar sistem pengapian dapat berfungsi dengan baik. Rangga menyarankan, penggantian tutup busi dilakukan di bengkel resmi agar pemasangannya tepat.
4. Rem

Komponen sepeda motor paling vital ini jangan sampai terlewatkan untuk diperiksa. Tak sedikit pengendara sepeda motor yang tidak bisa mengendalikan sepeda motornya saat melakukan proses pengereman karena rem tidak berfungsi. Lakukan penggantian segera jika rem sudah terindikasi harus diganti.

“Sebab, berkendara saat hujan membutuhkan handling pengendaraan yang baik. Jika kampas rem sudah aus, ketika akan mengurangi kecepatan atau menghentikan kendaraan akan lebih sulit,” jelas Rangga.
5. Lampu

Lampu yang terdapat pada sepeda motor berfungsi sebagai indikator dan penunjuk arah saat motor dipakai. Jika salah satu lampu tidak berfungsi akan sangat membahayakan pengendara tersebut maupun pengendara lainnya. Apalagi di saat hujan, jarak pandang pengendara akan berkurang.
6. Pemeriksaan Berkala

Selain beberapa hal tersebut, Rangga juga menyarankan agar terus melakukan pemeriksaan berkala di bengkel resmi dan selalu menggunakan suku cadang asli yang sudah direkomendasikan oleh pabrikan sepeda motor masing-masing.

“Dengan begitu, sepeda motor Anda akan selalu prima sehingga Anda pun lebih aman dalam berkendara,” tutup Rangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya