SOLOPOS.COM - Penutup mobil digunakan saat parkir mobil di luar ruangan untuk mengindari sinar matahari. (Blackxperience.com)

Solopos.com, SOLO — Pemilik mobil terkadang menghadapi beberapa kendala baik saat melaju di jalan raya atau berhenti di tempat terbuka saat hendak parkir mobil.

Apabila ada lokasi yang nyaman dalam arti tidak terkena sinar matahari secara langsung, memarkir mobil dalam waktu lama tidak menjadi masalah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun apabila parkir mobil di tempat yang terbuka dan terkena sinar matahari langsung sebaiknya jangan terlalu lama.

Karena jika terkena matahari langsung tentu ada dampak buruk pada kendaraan Anda. Hanya saja tidak selamanya menemukan tempat yang teduh sehingga terpaksa parkir di tempat terbuka.

Ketika hal itu terjadi, Anda sebaiknya meminimalisir dampak sinar matahari pada eksterior dan interior mobil. Berikut tipsnya dikutip dari Daihatsu.co.id dan Blackxperience.com.

Baca juga: Kakorlantas Polri: Pakai Sandal Jepit Saat Naik Motor Tidak Ditilang

Bawah Pohon

Apabila terpaksa parkir mobil di ruang terbuka, usahakan memarkir mobil Anda di bawah pohon supaya ada sedikit penghalang antara sinar matahari dan mobil Anda.

Kendati menempatkan mobil di bawah pohon juga mengandung resiko cukup besar, terutama saat hujan dan angin deras. Yakni tertimpa dahan bahkan bisa terkena pohon tumbang.

Pelindung Kaca Depan

Parkir mobil di luar ruangan memang beresiko terkena sinar matahari langsung, ini bisa berdampak pada bagian dalam mobil Anda.

Untuk itu gunakan pelindung di bagian kaca depan untuk melindungi dashboard Anda, bisa menggunakan kain atau selimut dengan warna-warna cerah yang tidak terlalu menyerap sinar matahari.

Baca juga: Berapa Biaya Charge Mobil Listrik, Lebih Hemat dari Beli Bensin?

Penutup Mobil

Gunakan cover atau penutup mobil saat parkir mobil di luar ruangan untuk melindungi bagian eksterior sekaligus interior. Tetapi, cara ini akan membuat suhu di dalam mobil jadi semakin panas

Benda Mudah Meledak

Saat parkir mobil di ruang terbuka hindari meletakkan benda yang mudah meledak jika terkena suhu panas di dalam mobil, seperti powerbank dan korek api.

Kedua benda ini bisa meledak jika berada dalam suhu dan tekanan yang tinggi, dampaknya bisa sampai membuat bagian dalam mobil Anda terbakar.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya